Pemkab Pessel Bersama Bank Nagari Dan BI Gelar Rakor Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah

Pesisir Selatan, Investigasi.news – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama Bank Nagari Cabang Painan dan BI melakukan rapat koordinasi TP2DD (Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah) semester I tahun 2022 di ruang rapat bupati, Kamis (1/9).

Rapat koordinasi, sekaligus melaunching pembayaran pajak daerah dengan Qris Dinamis itu dipimpin Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah didampingi Sekda, Mawardi Roska dan dihadiri Pemimpin Bank Nagari Cabang Painan, Helfiyanrika serta kepala perangkat daerah.

Dalam sambutanya wabup mengatakan, dengan Qris Dinamis ini dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran kewajiban pajak dengan cepat, luas, dan digital. Percepatan perluasan digitalisasi daerah di Kabupaten Pesisir Selatan juga diikuti atas transaksi-transaksi pendapatan daerah.

“Untuk itu, dengan adanya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Kabupaten Pesisir Selatan dapat mendorong inovasi, mempercepat peningkatan ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektifitas, transparansi, dan tata kelola keuangan yang terintegrasi di Kabupaten Pesisir Selatan,” katanya.

Selanjutnya, penerapan program digitalisasi transaksi daerah Kabupaten Pesisir Selatan dapat memicu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan. Ketika banyak kebijakan yang sifatnya membatasi pertemuan fisik, pembayaran retribusi dan pembayaran pajak dengan teknologi digital dapat menunjang perolehan PAD, karena lebih cepat dan mudah serta transparansi.

Dengan demikian PAD dapat terus membantu pemkab dalam mewujudkan pembangunan fasilitas-fasilitas umum serta aspirasi-aspirasi dari masyarakat. Ditegaskan, Pemkab Pesisir Selatan juga berkomitmen untuk mengimplementasikan transaksi elektronik bukan hanya dilingkungan pemkab saja, namun juga di sektor swasta seperti UMKM.

Percepatan dan perluasan digitalisasi berupa peningkatan pengetahuan digitalisasi, akses internet serta infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi bagi industri, khususnya bagi pelaku UMKM, akan mendorong UMKM untuk menjadi bisnis digital.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bank Indonesia dan Bank Nagari sebagai fasilitator transaksi ini dapat segera bergerak. Kegiatan ini merupakan langkah awal, mudah-mudahan TP2DD dapat mendorong inovasi, percepatan, dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan,” katanya.

Sementara itu Pemimpin Bank Nagari Cabang Painan, Helfiyanrika mengungkapkan, kegiatan rakor itu membahas mengenai evaluasi TP2DD di Kabupaten Pesisir Selatan dan rencana penerapan sesuai dengan action plan yang disampaikan Pemkab Pesisir Selatan.

Selain itu menurut Helfi, dilaksanakan pula acara launching Qris Dinamis kerjasama Pemkab Pesisir Selatan dengan Bank Nagari Cabang Painan dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah. Mc/Sc