Punya Potensi, Bayang Bakal Dijadikan Pusat Agrowisata Oleh Pemkab Pessel

Pesisir selatan, Investigasi.news-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiapkan pusat agrowisata berbasis pegunungan di Kecamatan Bayang dan Bayang Utara.

Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan kedua kecamatan itu memiliki potensi alam pegunungan yang sangat besar, sehingga layak dikembangkan. Apalagi dalam waktu dekat ruas jalan Bayang-Alahan Panjang Kabupaten segera tuntas.

“Kami akan padukan dengan wisata bahari Mandeh dan Carocok Painan,” ungkap Bupati di Painan Rabu (13/04).

Pemerintah kabupaten kini telah membuat rencana induk (masterplan) untuk kawasan Bukit Dilan di Kecamatan Bayang Utara yang dalam perencanaan bakal dijadikan sebagai pusat agrowisata.

Pengembangannya bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dengan skema pinjam pakai kawasan hutan, bahkan kata bupati pemerintah provinsi telah menyetujui pinjam pakai lahan tersebut seluas 50 Hektare.

Saat ini pemerintah kabupaten tengah menyiapkan sarana penunjang, salah satunya akses jalan menuju kawasan Bukit Dilan sepanjang 3 Kilometer.

“Secara bertahap kami akan siapkan detail engineering design (DED) Bukit Dilan,” terang Bupati.

Bupati mengatakan pemerintah kabupaten dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2021-2026 mematok tingkat kunjungan wisatawan pada lima tahun ke depan sekitar 3 juta orang.

Selain itu pengembangan sektor pariwisata diharapkan mampu mendongkrak usaha akomodasi, dengan rata-rata lama tamu menginap minimal 1,5 hari per orang.

Pemerintah kabupaten juga menargetkan omset industri kreatif melalui dukungan sektor pariwisata mencapai Rp50 miliar pada 2026.

“Karena itu kami berharap masyarakat mau bekerjasama dengan pemerintah untuk pengadaan lahan pengembangan wisata di Bayang dan Bayang Utara,” ujar Bupati. Sc/Mc