Terkait Pembahasan Tekanan Inflasi Terikini, Wabub Pessel Rudi Hariyansyah Hadiri High Level Meeting

Pesisir Selatan, Investigasi.news – Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah memenuhi surat undangan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dalam rangka High Level Meeting (HLM) TPID Provinsi Sumatera Barat, terkait pembahasan pengembangan dan tekanan inflasi terkini.

Selanjutnya, kegiatan itu juga dalam upaya pengendalian inflasi di tengah tingginya resiko inflasi Sumatra Barat bertempat di ruang rapat Excellence Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat, Rabu (31/8).

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengatakan, pertemuan itu sangat penting dan strategis untuk pembahasan pengembangan dan tekanan inflasi terkini. Kemudian juga dalam upaya pengendalian inflasi di tengah tingginya resiko inflasi Sumatera Barat.

Inflasi sebagaimana yang dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia merupakan suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus, kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya.

Inflasi berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Selain itu, ketidakstabilan ekonomi dan tingkat penjualan juga menimbulkan inflasi. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu.

Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukan inflasi. Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi. Mc/Sc