Wakil Bupati Pesisir Selatan Ikuti Rakornas

Pesisir Selatan, Investigasi.news – Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Internal Tahun 2022 secara virtual yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Ruang Vicon PCC, Selasa (14/6).

Kegiatan Rakornas Pengawasan lnternal yang berlangsung secara during (virtual) itu juga diikuti oleh sejumlah asisten, staf ahli bupati serta kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Wabup Rudi Hariyansyah mengatakan, pentingnya peran pengawasan intern dalam manajemen pemerintahan. “Agar pengawasan dapat berjalan secara efektif perlu koordinasi antar aparat pengawasan internal pemerintah,” katanya.

Sementara itu dalam pengadaan barang dan jasa yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, aparat pengawasan intern pemerintah dapat menerima pengaduan dari masyarakat dan aparat penegak hukum, selanjutnya melaporkan hasil tindak lanjut pengaduan kepada menteri, pimpinan lembaga, atau kepala daerah.

Wabup Rudi lebih lanjut berharap seluruh perangkat daerah dalam mengelola keuangan daerah selalu memegang prinsip transparan, akuntabel dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya semaksimal mungkin melakukan pengelolaan keuangan daerah secara transparan dan akuntabel. Hal itu sudah menjadi komitmen kita bersama,” tegasnya.

Wabup menambahkan, keuangan daerah harus dipergunakan sebagaimana mestinya untuk berbagai program dan kegiatan pembangunan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. “Disiplin anggaran merupakan hal yang penting dalam pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Mc/Sc