Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah Apresiasi Acara Balimau Basamo di Nagari Lakitan Utara

Pessel, Investigasi.news-Menjelang Ramadhan sudah menjadi tradisi dan kebiasaan bagi masyarakat du Sumatera Barat khususnya Kabupaten Pesisir Selatan untuk melaksanakan acara balimau. Entah dari mana mulanya kini acara balimau seolah-olah menjadi hal yang penting sebelum dilaksanakannya puasa.

Seperti halnya yang dilakukan di Nagari Lakitan Utara, Kecamatan Lengayang dan hebatnya acara balimau inj dihadiri Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, Sabtu (2/4).

Tradisi masyarakat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tersebut tak hanya dihadiri bupati, namun juga dihadiri Anggota DPRD Pesisir Selatan yang juga merupakan salah seorang tokoh masyarakat Lengayang, yaitu Darwiadi, perangkat nagari, ninik mamak dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam momen tersebut Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengapresiasi pelaksanaan acara Balimau Basamo di Nagari Lakitan Utara, Kecamatan Lengayang yang merupakan tradisi turun temurun dari masyarakat setempat.

Bahkan, acara Balimau Basamo itu kata Rudi Hariyansyah juga dihadiri para tokoh masyarakat, ninik mamak, perangkat nagari, bundo kanduang, generasi muda dan para undangan lainnya.

“Kita berharap melalui Balimau Basamo itu akan terwujud kebersamaan dan partisipasi masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H/2022 M, dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan. Semoga kita dapat meningkatkan derajat kita sebagai umat yang senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, dan kembali fitrah di bulan Syawal nantinya,” harap wabup lagi. Sc/Mc