BIN Daerah Sumbar Akan Tuntaskan Program Vaksinasi Covid-19

Sawahlunto, Investigasi.news – Program vaksinasi Covid-19 terus digencarkan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatra Barat (Sumbar). Hal ini telah dilakukan sejak pemerintahan mewajibkan vaksinasi bagi masyarakat sejak pandemi Covid-19 melanda. 

Lembaga telik sandi ini telah memulai vaksinasi sejak 2021 dan hingga kini program tersebut terus berjalan meskipun kasus Covid-19 cenderung melandai. Khusus di Sumbar, berbagai daerah dan pelosok telah dijangkau untuk memberikan vaksinasi bagi masyarakat. 

Kepala BIN Daerah Sumbar, Hendra menyebutkan, selain memfasilitasi secara terpusat, vaksinasi juga dilakukan secara ketuk pintu atau door to door ke rumah warga. Upaya ini tentunya mempercepat jangkauan bagi warga untuk mendapatkan vaksin. 

“Hingga kini program vaksinasi terus kami lakukan. Vaksinasi Covid-19 ini terus digencarkan sesuai arahan Kepala BIN Bapak Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan,” ujar Hendra, Rabu (1/9/2022).

“Memang di Sumbar saat ini covid-19 sudah relatif melandai. Hal ini tidak terlepas dari akselerasi vaksinasi yang telah dilakukan sebelumnya,” jelasnya. 

“Dengan perkembangan covid-19 terbaru, maka mesti terus digenjot pelaksanaan vaksinasi,” sambung Hendra. 

Ia mengungkapkan, program vaksinasi menyasar semua kalangan mulai anak-anak hingga lanjut usia. BIN Daerah Sumbar belakang bahkan melakukan vaksinasi di rumah warga yang jauh dari pusat kota. 

“Vaksinasi juga kami lakukan bagi warga yang tinggal di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan di Pusat Kota Sawahlunto. Posko vaksinasi juga sering kami sediakan dengan bekerjasama dengan pihak puskesmas,” ujarnya. 

“Jadi program vaksinasi ini akan terus kami lakukan hingga masyarakat betul-betul telah mendapatkan suntik vaksin. Sehingga kekebalan kelompok  yang diharapkan terbentuk,” kata dia. Yose