Cinema 4D Rugikan Keuangan Daerah, Dewan Minta Kembali Fungsikan Gelanggang Remaja, Ini Jawaban Pemko

Sawahlunto, Investigasi.news – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto menilai pembangunan Cinema 4 Dimensi dikota itu salah satu kegiatan yang secara fakta di lapangan merugikan daerah, dan juga berdampak kepada masyarakat sekitar, terutama masyarakat yang memanfaatkan fungsi dari bangunan tersebut.

Hal ini sempat mencuat disaat rapat paripurna DPRD Kota Sawahlunto Rapat paripurna tentang laporan pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2021 yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Jaswandi dan Elfia Rita Dewi, Senin (27/6/2022) lalu oleh Ketua Fraksi Gerakan Restorasi Keadilan Indonesia Raya DPRD Kota Sawahlunto Ronald Kardinal.

“ diantaranya para atlit dan warga masyarakat pecandu olahraga bulutangkis, dan juga dimanfaatkan sebagai tempat latihan pencak silat, dan banyak sekali atlit-atlit berprestasi kita yang dimunculkan dari tempat tersebut, yang dahulunya bernama Gelanggang Remaja” ungkap Ronald Kardinal pada rapat paripurna yang dihadiri Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti dan kepala OPD itu

Lebih jauh politisi Partai Nasdem itu menyatakan setelah adanya perubahan bentuk interior bangunan menjadi tempat pertunjukkan Sinema 4 Dimensi, yang dapat dilihat seperti sekarang hanya merubah fungsi bukan menambah asset, dan sekarang seperti hidup segan matipun tak mau, perlu untuk diketahui, bahwa saat termanfaatkannya gelanggang remaja oleh cabang olahraga bulutangkis, yang cukup banyak digemari oleh warga masyarakat Sawahlunto, sehingga menghidupkan ekonomi pedagang sekitar gelanggang remaja, terutama pada malam hari.

“ Untuk itu kepada kepada Pemerintah Kota Sawahlunto agar dapat mengembalikan fungsinya kembali seperti dahulunya, dan kedepannya dikelola secara profesional, yang dapat menjadi sumber-sumber PAD, karena sesuatu yang dikelola secara profesional maka Insya Allah hasilnya akan lebih baik” harapnya

Menanggapi hal itu, pada rapat paripurna penyampaian nota jawaban Walikota Sawahlunto atas pandangan fraksi – fraksi DPRD Kota ini, Senin (4/7/2022), Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti tak menampik hal ini dan dengan telah melandainya Covid 19, perlu kami sampaikan bahwasanya Cinema 4 Dimensi yang selama lebih dari 2 tahun tidak menampakkan aktivitasnya sebagai bagian dari objek yang dikelola oleh PT. Wahana Wisata Sawahlunto.

Wawako manambahkan sesuai dengan himbauan pemerintah sebelumnya dimana selama pandemi tidak diperbolehkan beroperasi apalagi dalam ruangan tertutup.

“ Kedepannya dengan telah melandainya pandemi Covid 19 Cinema 4 Dimensi akan kami aktifkan kembali dengan melaunching film terbaru yang mengandung edukasi dan pesa-pesan moral dengan judul “ Surga Untuk Mama” katanya. (T.Ab)