Hari Warisan Dunia, Awak Media dan Komunitas Budaya Kota Sawahlunto “Ngabuburit” Heritage

Sawahlunto, Investigasi.news – Dalam rangka Hari Warisan Dunia, Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto menggelar kegiatan Ngabuburit Heritage. Kegiatan yang diikuti awak media dan komunitas seni budaya itu digelar, Senin (18/4/2022).

Kabid Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Hilmed menyatakan momen Hari Warisan Dunia ini amat penting bagi Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) yang butuh kerjasama dengan awak media dan komunitas seni dan budaya

“ upaya pelestarian ini sangat butuh kerjasama semua pihak terkhusus awak media dan komunitas seni dan budaya. Dan kegiatan ini juga dapat meningkatkan sillaturahmi dan komunikasi bersama “ kata Hilmed

Kabid Sejarah Permuseuman Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Rahmad Gino Sea Games menambahkan kegiatan Ngabuburit Heritage dalam rangka Hari Warisan Dunia ini digelar karena juga bertepatan dengan suasana bulan suci ramadhan.

“ kegiatan Ngabuburit Heritage Media Sahabat Museum ini juga langkah dalam pelestarian WTBOS yang juga butuh peran serta keterlibatan awak media dalam mewujudkannya” kata Gino

Lebih jauh dia menjelaskan peserta ini peserta bukan awak media saja, namun komunitas pencinta budaya, paguyuban seni dan budaya, LPM, Karang taruna dan pramuka kwarcab Sawahlunto.

Untuk rute pejalanan, sebutnya star mulai dari museum kereta api, komplek Saringan, lapangan segitiga Ombilin dan Gedung Pusat Kebudayaan kota ini.

“ Kegiatan ditutup dengan diskusi serta berbuka bersama seluruh peserta dengan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto” pungkasnya.

(T.Ab)