Inilah Jajanan khas Jawa Yang Ada Dijual di Pasar Sawahlunto

Sawahlunto, Investigasi.news – Tak harus pergi ke pulau Jawa hanya untuk menikmati kuliner khas seperti getuk, sawut, kue talam dan grontol jagung. disaat hari pekan (pasaran) Rabu dan Sabtu cukup mendatangi Yulismar (66) pedagang kuliner khas jawa itu di Pasar Kota Sawahlunto.

Ditengah kerumunan pedagang dan pengunjung pasar Kota Sawahlunto, Yulimas (66) membuka lapak sederhana getuk, sawut dan kue talam ubi itu sudah memulai aktifitas mensortir daun pisang dan kertas guna pembungkus jajanan yang dijualnya.

“ tiap jajanan harganya Rp5 ribu kalau mau porsinya lebih banyak juga akan disesuaikan harganya, bisa dibungkuskan nanti “ kata Yulismar Rabu (11/5/2022).

Ibu beranak dua warga Kelurahan Aur mulyo itu juga menjual talam ubi yang sudah dikemas kedalam mangkuk plastik agar bisa dibawa pembeli. “ kalau talam ubi ini harganya juga Rp5 ribu satu mangkuk “ sebut Yulismar.

Salah seorang pelanggan Nengsih (52) menyatakan hampir tiap pekan dirinya menyempatkan untuk membeli jajanan Yulismar, baik itu getuk maupun kue talam.

“ setelah belanja kebutuhan dapur, saya juga beli getuk dan kue talam karena sudah terbiasa dan rasanya juga enak” sebut Nengsih

Bukan hanya getuk, sawut maupun grontol jajanan kuliner khas Jawa itu yang selalu ada di pasar kota Sawahlunto, pedagang lainnya juga menjual pecel, ketoprak, tahu dan tempe bacem.(T.Ab)