Ketua Komisi I DPRD Kota Sawahlunto Dasrial Ery Ingatkan Pentingnya Pencegahan dan Mitigasi Bencana

SAWAHLUNTO, investigasi.news- Ketua Komisi I DPRD Kota Sawahlunto Dasrial Ery
mengingatkan pentingnya pencegahan dan mitigasi bencana bagi warga kota
itu. Dan dengan digelarnya pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana salah satu langkah agar tersosialisasi dengan baik upaya tersebut.

Hal ini disampaikan Dasrial Ery pada pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana bagi 60 orang warga kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Selasa (28/6/2022) yang diikuti utusan desa dan kelurahan di Kecamatan
tersebut.

Lebih jauh politisi PDI Perjuangan itu berharap dengan mengetahui kondisi topografi kota ini yang sebagian desa perbukitan dan sebagian desa juga dekat aliran batang Malakutan yang kondisinya kerap dilanda
bencana disaat cuaca penghujan serta tanah longsor.

“ dengan mengetahui upaya pencegahan dan mitigasi bencana maka resiko bencana yang akan timbul bisa diminimalisir dan dampaknya akan lebih kecil. Berdasarkan penting hal itu kita dukung kegiatan ini dengan pokir sebagai anggota dewan dikota ini ” sebutnya.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Kesbang PBD Kota Sawahlunto Dedi Satria menjelaskan kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana berbasis keluarga itu diikuti 60 orang dari utusan anggota PKK, kader posyandu dan perangkat desa dan kelurahan.

Dasrial Ery pada saat pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana bagi 60 orang warga kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. (Foto:T.Ab)

“Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah kebijakan penanggulangan bencana kota Sawahlunto, penanggulangan bencana (umum) dan perencanaan penanggulangan bencana berbasis kelurga” kata Dedi Dengan pelatihan ini, sebutnya pada tahap pencegahan dan mitigasi bencana dilakukan untuk mengurangi serta menanggulangi resiko bencana dilingkungan.

“Dan mengetahui upaya yang dilakukan dapat berupa perbaikan dan modifikasi lingkungan fisik maupun penyadaran serta peningkatan
kemampuan menghadapi ancaman bencana” pungkasnya.(T.Ab)