Komit Tingkatkan Herd Immunity, Binda Sumbar Sasar wilayah 3T di Kota Sawahlunto

Sawahlunto, investigasi.news – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatra Barat (Sumbar) Wilayah Kota Sawahlunto kembali menggencarkan program Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum, lansia dan remaja.

Vaksinasi kali ini dilaksanakan dengan cara berbeda dari sebelumnya, yakni dengan mendatangi langsung kerumah-rumah warga yang berada di wilayah Terdepan, Terpencil dan Tetinggal (3T) yang berada di Kota Sawahlunto.

Program Vaksinasi Covid-19 dengan cara Door to door tersebut dilakukan di Dusun Batu Tajam Kelurahan Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar Sawahlunto. Binda Sumbar bekerjasama dengan Kelompok Tenun Songket Silungkang Karya Mandiri yang merupakan salah satu penghasil Songket ternama yang hasil karyanya sudah menjadi Icon Sumatera Barat terkhusus Kota Sawahlunto (22/7/2022).

Ketua Kelompok Tenun Songket Karya Mandiri, Zulkifli sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan vaksinasi tersebut keluarganya dan kelompok tenun akhirnya bisa menerima dosis ke Tiga atau Vaksin Booster, karena selama ini untuk pergi ke Lokasi vaksinasi di fasilitas kesehatan sangatlah jauh.

Selain itu, mereka juga terbantu karena lemahnya daya beli usaha songket yang dibuatnya selama ini, membuat mereka kembali termotivasi untuk lebih meningkatkan produktivitas songket tersebut.

“Kami merasa terbantu dengan adanya kegiatan vaksin rumah ke rumah ini, karena jarak yang sangat jauh dari fasilitas kesehatan membuat kami tidak bisa melakukan vaksinasi Booster. Selain itu kami kembali termotivasi memproduksi songket ini”.

Para pengrajin berharap agar harga bahan baku pembuatan songket tradisional yang saat ini tidak stabil bisa kembali normal, sehingga perekonomian para pengrajian bisa kembali pulih.

“Besar harapan kami agar pemerintah bisa mengambil kebijakan agar bahan baku pembuatan songket ini bisa turun kembali ” sambung Zulkifli.

Sebelumnya, BIN Daerah Sumbar juga telah menggelar vaksinasi serentak di sejumlah daerah termasuk Kota Sawahlunto yang sudah menggelar Gebyar Vaksinasi beberapa waktu lalu di Kelurahan Durian II.

Disamping itu, BIN Daerah Sumbar Juga memberikan paket sembako kepada warga yang didatangi kerumahnya, dengan harapan masyarakat kembali bersemangat melawan ganasnya varian terbaru Covid-19. Antusiasme warga Batu Tajam kembali terlihat meramaikan vaksinasi Door to Door yang dilakukan dirumah Ketua Kelompok Tenun tersebut. (Ptr)