Peserta Pelatihan Pemandu Geowisata Sawahlunto Praktek Lapangan Ke Geopark Lembah Harau

Limapuluh Kota, Investigasi.news – Peserta pelatihan pemandu geowisata Kota Sawahlunto praktek lapangan ke kawasan Geopark Lembah Harau Kabupaten lima Puluh Kota. Kegiatan yang diikuti 45 peserta itu dilakukan Rabu (6/7/2022).

Kasi Pengembangan Daya Tarik Destinasi Dinas Parpora Kota Sawahlunto Dewi Wulan Sari menyatakan praktek lapangan ini merupakan rangkaian dari pelatihan Pemandu Geowisata yang dibimbing guide Himpunan Pemandu Wisata Indonesia (HPI) dan didukung Dinas Parpora Kabupaten 50 kota.

“ dengan praktek lapangan yang dibimbing Feri Candra dari HPI ini tentu akan lebih melatih peserta dengan turun langsung ke geopark Lembah Harau” kata Dewi

Kegiatan praktek lapangan yang juga dihadiri Kepala Dinas Parpora Nova Erizon, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Parpora Kota Sawahlunto Tri Darma Satria, Kabid Pariwisata Dinas Parpora Kabupaten 50 kota Ali Hasan itu terasa menarik bagi peserta dan terjadi interaktis dengan pelatih dan pemandu.

Kabid Pariwisata Dinas Parpora Kabupaten 50 kota Ali Hasan menyampaikan terima kasih atas kunjungan peserta pelatihan pemadu geowisata dikawasan Geopark Lembah Harau yang memiliki 12 geosite ini

“ kegiatan ini akan menjadi contoh untuk dikembangkan disini karena geopark Lembah Harau baru mengajukan untuk menjadi geopark nasional. Sedangkan kota Sawahlunto sudah lebih dahulu sebagai geopark Nasional “ katanya.

Selain praktek lapangan ini, sebelumnya peserta diberikan materi tentang geopark nasional Sawahlunto, juga disampaikan teknik kepemanduan wisata oleh Joni Mardianto ketua DPD Masata Sumbar, arah pengembangan kepariwisataan kota Sawahlunto dan Diskusi interaktif tentang pengembangan pariwisata kota Sawahlunto bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta . (T.Ab) .