Potensi Besar WTBOS dan Geopark Nasional Magnet Pariwisata di Sawahlunto

Bukittinggi, Investigasi.news – Potensi besar Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) dan Geopark Nasional bisa menjadi magnet daya tarik Pariwisata di Sawahlunto serta petensi budaya yang multietnik.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta pengakuan WTBOS yang diberikan UNESCO, Geopark Nasional Sawahlunto, songket Silungkang sebagai warisan nasional serta bahasa tansi harus dijadikan potensi dalam pengembangan sektor pariwisata

“ Potensi ini yang harus dikemas dengan baik dengan melibat semua sektor kepariwisataan di kota ini” kata Deri pada Pembukaan pelatihan Pemandu Geowisata di Bukittinggi, Selasa (5/7/2022).

Wako berharap dengan kemasan yang baik dan didukung promosi serta pemasaran yang meluas akan menarik bagi orang yang mengunjungi kota ini.

“ untuk mewujudkan ini bukan semata tugas dan tangungjawab pemerintah daerah saja, tetapi dilakukan bersama-sama sesuai dengan peran masing-masing” harapnya

Lebih jauh Deri berharap kepada para peserta pelatihan pemandu geowisata juga punya peran penting dalam pengembangan pariwisata pada umumnya, geowisata pada khususnya. Dan setelah pelatihan ini tentu banyak manfaat yang didapat dan tugas sudah dan tangungjawan menanti realisasinya.

Terkait Pelatihan Pemandu Wisata Geowisata, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Parpora Kota Sawahlunto Tri Darma Satria menyatakan bertujuan untuk membekali masyarakat yang memiliki minat dan bakat untuk menjadi pemandu wisata.

“Khusus 45 peserta pelatihan pemandu wisata geopark ini sengaja digelar sebagai penggerak dalam memandu geopark sekaligus berupaya sebagai pelestari geopark nasional Kota Sawahlunto,“ harapnya.

Lebih jauh Tri Darma Satria menjelaskan selain materi tentang geopark nasional Sawahlunto juga disampaikan teknik kepemanduan wisata oleh Joni Mardianto ketua DPD Masata Sumbar, arah pengembangan kepariwisataan kota sawahlunto serta praktek guiding ke geowisata Harau.

Selama tiga hari pelatihan ini diharapkan dapat mengetahui potensi geopark nasional Sawahlunto dan dapat menjadi pemandu geowisata dikota ini,pungkasnya. (T.Ab)