Tiga Lebaran, Pemandian di Silungkang Sawahlunto Ramai

Sawahlunto, Investigasi.news – Sejumlah masyarakat pada libur lebaran hari ke 3 tampak asik mandi di sebuah kolam pemandian yang terletak di Desa esa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto, rabu (4/5).

Kolam pemandian tersebut salah satu destinasi wisata baru yang dikembang tahun 2021 oleh Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Desa Silungkang Oso diberi nama Objek Wisata Kolam Pemandian Mudiak Lugha.

Menurut ketua Pokdarwis Risco Muhammad, wisata kolam pemandian ini didukung dengan sejuknya suasana dalam kolam pemandian tersebut, sehingga memberikan kenyamanan liburan bersama keluarga.

Objek wisata Mudiak Lugha ini, selain memberikan panorama yang alami bagi pengunjungnya, juga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat disekitarnya, dengan ramainya pengunjung mendatangi lokasi terbut.

” Pada waktu dulu pertama kali buka objek wisata sebelum pendemi penggunjung sangat ramai sekali datang ke tempat pemandian ini. Kami baru buka seminggu, mewabah musibah pendemi (covid 19) terpaksa tutup kembali. Di suruh oleh Pemerintah Kota Sawahlunto.” ungkapnya.

Sementara wakil Pokdarwis panorama ,Nofrina Yati ,menyebutkan pada libur lebaran tahun 2022 ini pendemi berkurang dan Walikota Sawahlunto sudah memberikan izin membuka wisata yang ada di kota sawahlunto, bisa membuka kembali wisata pemandian Mudiak lugha. “Yang unik disini, air pemandian alami tanpa bahan kaporit atau bahan apapun karena setiap buka air di ganti terus. Waktu buka pukul jam 09:00 Sampai sore ,membayar masuk Rp. 10.000 Perorang, umur lima tahun gratis masuk dan bayar pakir untuk roda dua Rp. 2.000 dan roda empat Rp. 5.000,” katanya.

Harapan kami semoga wisata ini lebih dikenal masyarakat luar untuk bisa menambah income Desa notabene ini murni Dana APBDes. Karena semakin banyak pengunjung semakin banyak pemasukan kepala masyarakat yang berjualan .

Selain itu, Salwa juliathul hikmah, salah seorang penggujung Wisata Objek Wisata Pemandian Mudiak Lugha,menyebutkan, sasana kolam cukup baik ada Gezebo,pendopo maupun kolam anak -anak , dewasa Serta ada Kuliner silungkang dan lain .biar wisatawan tambah ramai untuk kedepannya ada gebrakan lagi untuk sarana prasarana kolam untuk penarik wisatawan semakin penasaran datang kolam ini diharapkan dijaga keamanan, kenyamanan,
kebersihan, kesantunan pelayanan kepada pengunjung biar puas wisata ini. (ab)