Tingkatkan Kompetensi, Disparpora Sawahlunto Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

Padang, Investigasi.news – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kota Sawahlunto akan menggelar kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya. Kegiatan bagi stake holder dan warga peminat itu digelar di Padang, pada 14 sampai 16 Juni 2022.

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Parpora Kota Sawahlunto Tri Darma Satria menyatakan tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan adalah untuk menghasilkan tenaga trampil dibidang pemanduan wisata yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam pemanduan wisata.

“ materi yang diberikan diantaranya menumbuhkan kepercayaan diri dan motivasi diri oleh Arlin Teguh Ardani (Ketua AELI Sumbar), kontek pariwisata bagi pelestarian budaya oleh Muhammad Fadli (dosen ISI Padang panjang), geopark oleh Osronita (BP Geopark Ranah minang) “kata Tri Darma Satria Kamis (16/6/2022)

Selama tiga hari pelatihan juga dibimbing oleh narasumber dari Akademisi Pariwisata, Pelaku Pariwisata, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera barat, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumatera barat dan Dinas Parpora Kota Sawahlunto.

Lebih jauh Tri Darma Satria menjelaskan dengan pendalaman materi yang disampaikan para praktisi dan pengelola serta kunjungan lapangan ke Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur guna praktek lapangan dan meningkatkan kompetensi.

“ dengan pelatihan ini diharapkan 40 peserta dapat terampil mempromosikan destinasi wisata di Kota Sawahlunto dan dapat mengembangkan kepariwisataan dan mengelola potensi kepariwisataan” pungkasnya. (T.Ab)