Wali Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang Kota Sawahlunto

Sawahlunto, Investigasi.news – Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menjadi pembina apel gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang Kota Sawahlunto 2022 dalam pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapang Mapolres Sawahlunto, Jumat (22/4/2022)

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 02 dan 03 mei 2022.

Selain itu, papar dia, pemerintah juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 04 sampai dengan 06 Mei 2022.

Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, sambung dia, pada tahun 2022 pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat mudik.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga mengemukakan, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain, ancaman terorisme, premanisme, aksi sweeping oleh ormas, kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok, antrean dan kelangkaan BBM.

Selain itu, terang dia, kejahatan konvensional, penyakit masyarakat, konflik buruh terkait THR, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, perkelahian antar kelompok atau antar kampung, aksi perusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat berpotensi menyebabkan penularan Covid-19 maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

“Oleh karena itu, Operasi Ketupat-2022 harus dilaksanakan secara optimal. Perjalan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H tahun 2022 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19. Untuk itu, pelaksanaan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat,” kata Deri

Pada apel itu, pemimpin upacara bersama Kapolres AKBP Ricardo Condrat Yusuf dan fokompimda melakukan gelar pemeriksaan pasukan yang terdiri dari Polri, TNI AD, Satpol PP, Perhubungan, Senkom, Tenaga Kesehatan, PLN. (T.Ab)