Pelepasan Dokter Internship Puskesmas Amban Kabupaten Manokwari

Internship adalah pendidikan profesi untuk pemahiran dan pemandirian dokter setelah lulus pendidikan dokter untuk penyelarasan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan. Untuk kepentingan para dokter agar sudah siap dan mahir kelak ketika praktik mandiri. Internship adalah konsekuensi UU praktek kedokteran, yg berdampak pada pendidikan dokter. Dimana mhs tidak boleh melakukan tindakan kedokteran, maka diadop pendidikan dokter berbasis kompetensi (KBK) dgn masa pendidikan dokter dipersingkat menjadi 5 tahun.

Untuk memenuhi satu tahapan lagi untuk pemahiran dan pemandirian dokter yang memang diwajibkan oleh World Federation Of Medical Education lembaga pendidikan dokter di bawah WHO, diadakan PIDI. Rumah Sakit dan Puskesmas yg dijadikan wahana Internship telah di survey kelayakan oleh KIDI. Pendamping juga sudah dilatih oleh KIDI dengan akreditasi oleh Kemkes.

Puskesmas Amban termasuk salah satu penerima Program Internship di tahun 2022 dengan jumlah Dokter Internship sebanyak 3 orang ; dokter Akhirul, dokter Juana, dan dokter Alifa yang pada hari ini Sabtu tanggal 5 November 2022 bertempat di Pasir Putih Kecamatan Manokwari Timur kabupaten Manokwari di laksanakan Pelepasan para Dokter Intrenship Setelah bertugas selama 6 Bulan melaksanakan pengambilan sebagai Dokter Internship, acara tersebut sebagai MC ibu Sarnita dan di hadiri langsung Ibu Plh. Puskesmas Amban Apsari Isworini dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kebersamaan yang selama ini telah terjalin, mewakili kepala puskesmas Amban Josua Kadam yg skrg lgi menyelesaikan Studinya di Jayapura, juga turut hadir semua pegawai puskesmas Amban. Dk