Forikan Sijunjung Dinilai Tim Provinsi

Sijunjung, Investigasi.news – Forikan Kabupaten Sijunjung dinilai tim penilai Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) tingkat Provinsi Sumatera Barat di Balairung Lansek Manih, Jum’at (19/8/2022).

Tim tersebut disambut baik oleh Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah didampingi Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, Fajar Satrian, Kepala Perangkat OPD terkait, serta tamu undangan lainnya.

Wabup, Iraddatillah, mengucapkan selamat datang kepada tim penilai Forikan Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Sijunjung yang di juluki Ranah Lansek Manih.

Kabupaten Sijunjung mempunyai potensi yang sangat luar biasa dari delapan Kecamatan ada delapan puluh sembilan aliran sungai yang kaya dengan berbagai jenis ikan, disamping produksi ikan juga menjaga habitatnya berupa lubuk larangan.

Anak-anak sudah terbiasa untuk selalu konsumsi ikan, bahkan sudah ada dalam bentuk pelaku usaha bagaimana ikan menjadi olahan yang bisa diminati oleh kalangan umum.

Wabup Iraddatillah, berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat agar dapat memberikan pembinaan dan peningkatan, sehingga masyarakat Kabupaten Sijunjung gemar akan konsumsi ikan.

Sementara itu, Ketua tim penilai, Candra Gumilarti mengatakan, tujuan penilaian ini agar Forikan di setiap kabupaten dan kota bisa melakukan evaluasi terhadap program yang telah dilakukan, Forikan bisa lebih termotivasi melakukan program, serta terinspirasi dari Forikan dari kota dan kabupaten lain.

Kegiatan ini diharapkan juga bisa mendorong untuk meningkatkan konsumsi ikan di seluruh daerah di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, mengatakan peningkatan konsumsi ikan tidak lepas dari kerjasama antara Pemerintah Swasta dan seluruh masyarakat, gerakan memasyarakatkan makan ikan tidak hanya OPD terkait tapi tugas bersama.

Mengkonsumsi ikan akan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk mempersiapkan generasi yang sehat dan cerdas. juga meningkatkan ekonomi perikanan, langkah ini membutuhkan startegi agar masyarakat memilih ikan sebagai protein utama.

Forikan Kabupaten Sijunjung pernah menjadi peringkat terbaik Nasional tahun 2019, dan 61 Nagari dan tambah 1 Desa sudah ada SK pengurus forikannya, tinggal lagi pengukuhan, ungkap Ny. Riri. (Mc/Arp)