Jemput Bola, Wabup Sijunjung Ke Sentra Mulia Jaya Kemensos RI

Sijunjung, Investigasi.news – Bentuk perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung kepada masyarakat terutama pada lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas, Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah menjemput bola atau mengusulkan secara langsung bantuan (Asistensi Rehabilitasi Sosial) untuk calon Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Ranah Lansek Manih kepada Sentra Mulia Jaya Kemensos RI di Jakarta, pada Kamis 4 Agustus 2022.

Adapun calon PPKS yang diusul tersebut dari berbagai ragam disabilitas seperti fisik, sensorik dan mental yang tersebar di Kabupaten Sijunjung.

Kesempatan itu, Wakil Bupati Iraddatillah didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yofritas, Kepala Bidang Rehsos, Kepala Bidang Linjamsos serta staf.

Wabup yang akrab disapa Radi itu, menyebut untuk tahun 2022 Pemkab Sijunjung mengusulkan sebanyak 70 orang calon PPKS.

“Dinsos sudah melakukan assesment, dari 70 orang calon ini, terdiri dari 40 bagi Lansia dan 16 orang bagi penyandang disabilitas,” ujarnya.

Wabup juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sentra Mulia Jaya beserta jajaran atas bantuan yang diberikan untuk Kabupaten Sijunjung.

“Alhamdulillah pada tahun 2021 kita dapat bantuan atensi berupa kursi roda sebanyak 30 buah, kewirausahaan atau kebutuhan harian sebanyak 83 paket, tongkat netra adaptif untuk 68 orang dan bantuan untuk anak YAPPI yaitu anak yang orang tuanya meninggal akibat covid 19 sebanyak 13 orang,” terang Radi.

Ia mengakui untuk membantu kalangan penyandang disabilitas dan lansia ini tidak bisa hanya dengan mengandalkan APBD saja, sebab, anggarannya sangat minim apalagi setelah adanya pemangkasan anggaran karena pandemi covid-19.

“Oleh sebab itu, kita harus berburu anggaran dengan cara mengejar dan jemput bola ke Kementerian atau kemanapun yang ada sumber-sumber dana untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat di Ranah Lansek Manih,” kata Wabup dengan semangat.

Sementara, Kepala Dinas Sosial PP dan PA, Yofritas juga mengatakan jenis bantuan yang diusulkan sesuai dengan permohonan yang diajukan oleh calon PPKS sesuai dengan hasil asessment.”Seperti kewirausahaan berdagang, ternak kambing, kebutuhan dasar atau harian dan alat bantu seperti kursi roda, tongkat netra, alat bantu dengar,” pungkasnya.

Kedatangan Wabup Iraddatillah dan rombongan tersebut disambut baik oleh Kepala Sentra Mulya Jaya, KTU dan Pekerja Sosial.

Pihak Sentra Mulya Jaya berterima kasih atas kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

“Dari proposal yang diajukan ini kami akan melakukan verifikasi dan validasi, mudah-mudahan dari proposal yang diajukan ini dapat terealisasi sebagai mana yang diharapkan,” tutupnya.Mc/Arp