Serius Tangani Geopark Silokek, Bupati Sijunjung Rapat Dengan Pemprov Sumbar

Padang, Investigasi.news – Bentuk keseriusan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir untuk menjadikan Geopark Ranah Minang Silokek menjadi kawasan Unesco Global Geopark (UGGp) ditandai dengan rapat bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di ruang rapat Wakil Gubernur Sumatera Barat, Jum’at (3/6/22).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Audy Joinaldy. Sementara bertindak sebagai moderator adalah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Luhur Budianda dengan agenda mengevaluasi kesiapan Geopark Nasional yang akan diusulkan menjadi Aspiring Unesco Global Geopark Tahun 2022 ke Komite Nasional Geopark Indonesia.

Sedangkan, Bupati Benny Dwifa didampingi Sekretaris Daerah, Dr. Zefnihan, Kepala Bapppeda, Yuni Elviza, Ketua BP. Geopark Ranah Minang Silokek, Ridwan dan plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Khaidir Ali Daulay.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam memajukan Geopark Silokek. “Kita melihat dari 7 Geopark yang ada di Sumbar, 3 masuk Geopark Nasional, kita lihat keseriusan paling tinggi memang Kabupaten Sijunjung,”ujar Audy.

Lebih lanjut sebut Wagub, kelebihan Pemkab Sijunjung memang selalu menonjolkan Geopark Silokek dan dilengkapi atribut seperti baju dan topi geopark.

“Setiap iven yang saya hadiri di Sijunjung, Bupati disetiap sambutannya selalu memension silokek, artinya selalu digemakan dan inilah suatu kelebihan dari Kabupaten Sijunjung,” puji Audy

Dikatakan Wagub pada saat ini Geopark Silokek juga berhasil masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik Nasional dan harus diakui Sijunjung memang One Step a Head

“Kami juga melihat pokdarwisnya memang siap, pemberdayaan masyarakatnya sudah siap, oleh karena itu kami sampaikan pada rapat ini, Geopark Silokek harus maju karena sudah Step a Head,” tuturnya.

Ia menegaskan kepada Dinas terkait Provinsi Sumbar seperti Balitbang, Bapppeda, Pariwisata dan SDM agar bersama sama memberikan bantuan dan suport bagi kawan kawan di Sijunjung. “apa yang dibutuhkan oleh Sijunjung dari Pemprov tolong segera ditanggapi secepatnya,”harap Wagup.

Sementara dihadapan Wagub Sumbar itu, Bupqti Benny Dwifa menyampaikan tema pembangunan Kabupaten Sijunjung saat ini adalah Geopark, oleh karena itu Geopark Silokek begitu gencar di promosikan

“Apapun kegiatan OPD hari ini di Sijunjung, semuanya berbau Geopark termasuk kegiatan irigasi dan sebagainnya adalah untuk mendukung geopark, oleh karena itu kami Pemerintah Kabupaten Sijunjung berharap adanya bantuan dan kerjasama dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, tanpa bantuan dari Pemprov Sumbar kami tidak akan bisa melakukannya sendiri,” ujar Benny.

Disebut Bupati, seluruh sektor termasuk pemerintah daerah sudah bergerak, ini dibuktikan pada (Kamis dan Jum’at 2-3/6), seluruh OPD di Kabupaten Sijunjung mengadakan Rakor sekaligus menginap di Kawasan Geopark Silokek.

“Pada Minggu (5/6)rencananya juga dikunjungi oleh SMAN 1 Bukittinggi yang berjumlah 250 orang dan juga menginap di Silokek. Pada akhir tahun nanti, sekitar 200 Pajero Sport juga akan menggelar acara di Silokek,” pungkasnya. Mc Sijunjung/Arp