Sharing Informasi Pengelolaan SPBE, Diskominfo Sijunjung Kedatangan Diskominfo Pessel

Sijunjung, Investigasi.news – Dalam rangka implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Sijunjung sesuai dengan amanat dalam Pasal 46 Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, Diskominfo Pesisir Selatan melakukan sharing informasi untuk meningkatkan nilai SPBE pada Dinas Kominfo Sijunjung diruang pertemuan Dinas Kominfo setempat, Rabu (3/8/22) lalu.

Diketahui, Pemkab Pesisir Selatan meraih nilai SPBE 3.34 dengan peringkat nomor enam (6) tingkat nasional untuk kabupaten pada Tahun 2021.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika (APTIKA) Diskominfo Pessel, Syafrudin menyebut SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama.

“Untuk mencapai target atau meningkatkan nilai SPBE ini perlu keterlibatan kerjasama dan koordinasi disemua bidang serta sinergitas dengan OPD terkait tentang SOP, juklak, juknis, pengukuran tingkat kematangan SPBE yang semuanya ini direpresentasikan dalam bentuk nilai indeks SPBE,” ujarnya.

“Indeks SPBE akan semakin baik tentunya akan berdampak pada kualitas layanan publik yang semakin baik terutama layanan online,” terang Syafrudin.

Untuk itu, perlu adanya komitmen bersama seluruh OPD dalam meningkatkan indeks SPBE saat melakukan evaluasi terhadap indikator yang menjadi penilaian utama.

Dikatakan Syafrudin, pihaknya siap membantu Dinas Kominfo Sijunjung untuk melakukan kerjasama pada bidang aplikasi.

“Banyak sekali manfaatnya apabila SPBE ini dapat dikelola dengan baik, seperti meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas. Kemudian, menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik,” urainya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo mengucapkan terima kasih kepada pihak Diskominfo Pessel. “Terimakasih atas ilmu dan informasi yang diberikan kepada kami, khususnya dalam meningkatkan nilai SPBE di Sijunjung,” ucap mantan Kakan Kesbangpol itu.

Ia mengakui SDM pada Dinas Kominfo Sijunjung sangat minim yang bergerak di bidang aplikasi. “Insyallah kedepannya kami akan mencari tenaga ahli untuk meningkatkan pengelolaan SPBE ini,” tuturnya.

Kemudian kata David, pihaknya akan menggandeng Diskominfo Pessel dalam mengingkatkan nilai SPBE.

“Untuk meningkatkan nilai SPBE ini kita akan melakukan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kominfo Pesisir Selatan, apalagi Pessel memperoleh nilai SPBE 3,34 dengan peringkat enam nasional, kita harus banyak shering informasi bersama Diskominfo Pessel,” tutupnya. Mc/Arp