Pemkot Sungai Penuh Gelar Apel Siaga Bencana Hidrometereologi

Sungai Penuh, investigasi.news – Pemerintah Kota Sungai Penuh menggelar apel siaga kebencanaan dalam rangka antisipasi kebencanaan Hidrometereologi tahun 2022-2023.

Apel siaga bencana dipimpin langsung oleh Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir, Rabu (23/11). Turut hadir mengikuti Para Forkopimda, Sekda Alpian, Para SKPD dan tim gabungan kesiagaan dari Pemerintah Daerah, TNI/Polri, Basarnas, Kades serta relawan lainnya.

Dalam arahannya, Wako Ahmadi mengatakan, wilayah Kota Sungai Penuh merupakan daerah rawan terhadap bencana, seperti banjir, tanah longsor, bencana tersebut terjadi terutama dimusim penghujan. Disamping itu, Kota Sungai Penuh juga rawan dengan bencana gempa bumi yang tidak dapat diprediksi kapan terjadi, hal ini tentu dapat menimbulkan dampak dan kerugian bahkan korban.

” Untuk itu, upaya mitigasi penanggulangan dan penanganan bencana harus dilakukan secara komprehensif, antisipatif dan partisipatif yang dalam pelaksanaannya harus terencana dan terkoordinasi dengan baik, sebelum terjadi, saat terjadi dan sesudah terjadi,” pintanya

Wako Ahmadi juga mengajak, kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama- sama mengantisipasi segala hal yang dapat menimbulkan bencana, seperti membuang sampah sembarangan yang dapat menimbulkan banjir, membangun rumah di bibir sungai dan di pingir bukit yang akan berpotensi longsor.

(Kamro)