Pencanangan Kampung Pancasila di Wilayah Kodim 0735/Surakarta

More articles

spot_img

Surakarta, investigasi.news – Bertempat di Kampung Mutihan RT.05,RW .11 Kelurahan Sondakan Kecamatan Laweyan Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono S.E, M.Si bersama Wakil Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakosa dan Wakapolresta Surakarta AKBP Gatot Yuliyanto, SIK, MHP beserta para pejabat Muspida Pemkot Surakarta mencanangkan kampung Pancasila,Rabu (23/3/2022).

Peresmian dan Pencanangan Kampung Pancasila ditandai dengan Pemukulan Gong Oleh Wakil Walikota Surakarta dengan didampingi Komandan Kodim 0735/Surakarta,Serta Wakil Kepala Kepolisian Resort Surakarta dilanjutkan dengan peninjauan Lokasi Kampung pancasila.

Dalam sambutanya, Dandim 0735/ Surakarta mengatakan, kampung Pancasila di bentuk di masing masing wilayah di tiap Kecamatan. Hal ini berlaku di seluruh Kodam IV Diponegoro.

Pencanangan kampung Pancasila di awali dari Kodam Jaya, yang pada waktu itu di selenggarakan atas kerja sama dengan BPIP ( Badan Pengarah Ideologi Pancasila ).” Jelas Letkol Infantri Devy Kristiono S.E, M.Si dalam sambutanya.

“Ke depan kampung Pancasila tidak hanya ada di satu wilayah saja, tetapi akan di tularkan ke kampung kampung yang lain.”tuturnya.

Di tambahkan Letkol Inf Devy, kita ketahui bersama Pancasila di bentuk sebagai pilar bagi kebangsaan kita. Pancasila merupakan ruh atau jiwa yang harus kita gaungkan sampai keseluruh pelosok pelosok. Tak terkecuali di Kota Surakarta ini, karena memiliki nilai strategis untuk membangun dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bersama.

“Di harapkan dengan adanya kampung Pancasila, masyarakat dapat hidup rukun damai dan saling menghormati. Menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai keragamaan Bhinneka Tunggal Ika.”tuturnya.

Melalui pencanangan kampung Pancasila, kita juga mengenalkan kepada anak usia dini tentang nilai kerukunan dan toleransi yang ada di dalam Pancasila.”imbuhnya.

Sementara itu yang sama, Wakil Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakoso menegaskan, pentingya seluruh warga masyarakat Kota Solo saling menjaga toleransi dan kerukunan.

“Pancasila merupakan ideologi, kesepakatan para pendiri bangsa termasuk di dalamnya para ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat.”tuturnya.

“Oleh sebab itu nilai nilai di dalam Pancasila harus kita implementasikan setiap hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tak terkecuali mencanangkan kampung Pancasila, agar masyarakat lebih mengenal dan memahami Pancasila sebagai ideologi bangsa.”pungkasnya.

Peni

spot_img

Latest

spot_img