Tolak Pencabutan SKB 2 Dirjen 1 Deputi, Ribuan Buruh TKBM Pelabuhan Belawan Gelar Aksi Damai

Medan Belawan, investigasi.news – Sekitar 3 ribuan buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Belawan di bawah naungan Primkop Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan gelar aksi damai di lapangan PJKA Belawan. Selasa (27/12/2022) pukul 08.00 Wib.

Aksi damai ribuan buruh TKBM Pelabuhan Belawan itu sebagai upaya perlawanan terhadap rencana Pemerintah atas pencabutan Surat Keputusan Bersama (SKB) 2 Dirjen 1 Deputi Tahun 2011.

“Kita gelar aksi damai ini sebagai bentuk penolakan kita atas rencana Pemerintah mencabut SKB 2 Dirjen 1 Deputi yang merupakan landasan kita para buruh TKBM untuk bekerja di Pelabuhan Belawan,”.

Demikian dikatakan ketua Primkop Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan, Sabam Parulian Manalu melalui wakil Sekretaris, Drs. Ardin Silalahi di depan ribuan buruh TKBM Pelabuhan Belawan.

Kita tidak mau koperasi Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan diobok-obok lanjut Ardin. Kita tidak mau dikotak-kotak, kita solid berjuang untuk TKBM. Sambung Ardin yang disambut teriakan serentak yel yel hidup buruh.

Ribuan buruh TKBM Pelabuhan Belawan itu akan gelar aksi besar-besaran turun ke jalan apabila Pemerintah tetap melakukan pencabutan SKB 2 Dirjen 1 Deputi.

“Apabila Pemerintah tetap melakukan pencabutan SKB 2 Dirjen 1 Deputi, kita semua melakukan aksi lanjutan untuk turun ke jalan dan mogok nasional di Pelabuhan Belawan,” tutup Ardin Silalahi.

Rumor yang berkembang di lapangan, belakangan ini Primkop Upaya Karya TKBM Pelabuhan Belawan sedang diobok-obok oknum yang punya kepentingan tinggi di Pelabuhan Belawan. Kabarnya oknum tersebut berkolaborasi dengan sejumlah pemangku jabatan di seputaran Belawan dan Medan. (Man).