Dinas Pertanian dan Peternakan Kesehatan Hewan Tuba Lakukan PMK

Tulang Bawang, Investigasi.News – Melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kesehatan Hewan melakukan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) perdana sebanyak1000 Vaksin dosis ternak sapi, vaksin perdana dilaksanakan di kampung Bawang Tirto Kecamatan Banjar Baru Tulang Bawang.

Dalam kegiatan vaksin PMK yang dihadiri langsung kadis Pertanian Nurmansyah serta di dampingi kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Nasib Subagio, Rabu (29-6-2022).

Setelah mendapatkan dosis vaksin PMK dari Pemerintah Pusat sebanyak 1000 ekor ternak sapi milik warga Dinas Pertanian dan Peternakan Kesehatan Hewan Tulang Bawang melakukan vaksin PMK perdana untuk seribu ternak sapi warga.

Sebelum dilakukan vaksin ternak sapi terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak secara ketat.

Nurmansyah mengatakan kepada media ini, “vaksin perdana ditargetkan 1000 ekor sapi upaya ini untuk mencegah penyebaran PMK yang saat ini tercetak ada 300 lebih hewan ternak yang terjangkit dan proses penyembuhan serta lima diantaranya mati” terangnya.

Ia menambahkan, harapan warga yang memiliki hewan ternak mempunyai kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Dan Pemerintah Tulang Bawang mendapatkan 3000 ekor yang akan divaksin dan kita usahakan dalam minggu ini selesai.

“Namun jika kita melihat dari populasi yang ada di Kabupaten Tulang Bawang masih kurang banyak, dan kita berharap masih ada lagi tahap lagi yang kedua selain tahap satu, ucapnya.

Sementara salah satu pemilik ternak sapi Julianto pada saat diwawancara media menjelaskan, dengan adanya vaksin PMK ini cukup membantu untuk meningkatkan imun kesehatan hewan ternak.

“Dengan adanya vaksin PMK ini cukup membantu meningkatkan imun kesehata hewan, sebelumnya para peternak sapi sempat khawatir dengan adanya penyebaran PMK ini, mudah-mudahan dengan bantuan Pemerintah ini dapat membantu” jelasnya.

Lanjutnya, kita para peternak ini sempat khawatir dengan adanya PMK ini, karena mendengar dimana-mana banyaknya ternak tang sakit dan pada mati, kami para peternak mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Tulang Bawang yang melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kesehatan Hewan dan Pemerintah Pusat atas adanya vaksin PMK ini. (Sandori )