Iklan bank Jatim

TMMD 122, Kodim 0914/TNT Laksanakan Upacara HUT 79 TNI

More articles

Tana Tidung, Investigasi.news – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Makodim 0914/Tnt, Jl. Padat Karya, Desa Sebidai, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung, Sabtu (5/10/2024), berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapten Inf Tripujiono, Pasipers Kodim 0914/TNT, dan selaku komandan upacara Kapten Inf Soefyan Hardjono, S.Sos.

HUT ke-79 TNI mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawasi Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh inspektur upacara, mengatakan bahwa tema peringatan HUT ke-79 TNI sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat, dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif. Prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis, sekaligus mampu menggunakan dan memelihara alutsista berteknologi tinggi.

Baca Juga :  Kodim Kendal Tandai Program TMMD Dengan Gapura

Setiap prajurit dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apa pun, sikap dan tindakan primitif akan mengganggu, bahkan merusak, jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Setiap prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, peduli terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan didorong semangat gotong royong dan berbaur bersama komponen bangsa sesuai dengan tema “Indonesia Maju.”

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan rasa hormat dan apresiasi saya kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritas dalam menjalankan tugas sehingga TNI sampai saat ini terus mendapat kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia. Namun, hal itu janganlah membuat kita lengah dan berbangga hati. Masih ada hal-hal yang harus kita benahi sehingga TNI yang kita cintai dan kita banggakan ini benar-benar menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Satukan Visi Misi, Satgas TMMD Kodim 0715/Kendal Gelar Briefing

Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah bahwa prajurit TNI, sebagai pilar pertahanan negara, memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah bangsa.

Peringatan HUT ke-79 TNI merupakan penghormatan terhadap sejarah perjuangan TNI dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara yang dilaksanakan setiap tanggal 5 Oktober setiap tahun. Peringatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran TNI dalam menjaga keamanan dan ketahanan nasional.

***

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest