Inovasi Rakernis Humas Polda: Kapolda Sumbar Tekankan Transformasi Digital

More articles

Padang, Investigasi.news โ€“ Polda Sumatera Barat (Sumbar), melalui Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas), menyelenggarakan Rakernis Fungsi Humas Polda Sumbar T.A 2024 dengan semangat baru.

Rangkaian kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH, pada Rabu (24/7) di ruang Jenderal Hoegeng Mapolda Sumbar. Acara ini dihadiri oleh seluruh Kasi Humas dan personel Humas Polres sejajaran Polda Sumbar, serta perwakilan wartawan dari masing-masing Polres dan Polda Sumbar.

Mengusung tema “Bidhumas Polda Sumbar yang Presisi Siap Menjaga Stabilitas Kamtibmas yang Kondusif Dalam Mengawal Tahapan Pilkada Serentak 2024 Menuju Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan,” Rakernis ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas komunikasi Polri di era digital.

Baca Juga :  Kapolda Sumbar Sambut Kedatangan KASAD

Kapolda Sumbar, dalam sambutannya, menyoroti tantangan besar yang dihadapi Humas Polri di tengah pesatnya perkembangan media sosial. “Perkembangan informasi di media sosial berlangsung sangat cepat, tetapi sering terjadi dis-informasi, mis-informasi, maupun hoax yang dapat memprovokasi masyarakat,” ujarnya. Beliau menekankan pentingnya verifikasi informasi sebelum diterima dan disebarluaskan oleh masyarakat.

Untuk menghadapi tantangan ini, Kapolda menekankan bahwa Humas Polri harus terus beradaptasi dengan teknologi informasi terbaru dan menyiapkan sumber daya manusia terbaik di bidang kehumasan dengan semangat presisi. “Meningkatkan kapasitas anggota Humas Polda Sumbar melalui berbagai kegiatan seperti rakernis dan pelatihan adalah langkah krusial,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolda Suharyono menekankan bahwa setiap anggota Polri memiliki peran dalam kehumasan. “Sosialisasikan kepada seluruh personel Polri dan keluarga mereka bahwa mereka juga pengemban fungsi kehumasan. Cintailah institusi Polri dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri,” tegasnya.

Baca Juga :  Pastikan Situasi Kamtibmas Kalbar Kondusif, Kapolda Laksanakan Patroli dan Peninjauan Pada Malam Natal 2023

Kapolda juga mendorong personel Polri untuk aktif di media sosial dengan mendukung akun resmi Polri dan konten positif sebagai bukti cinta terhadap institusi.

Rakernis ini juga menghadirkan narasumber terkemuka, termasuk Ketua Komisi Informasi Sumbar, Kadiskominfo Sumbar, Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unand MA Dalmenda, Dt. Pamuntjak Alam, dan wartawan senior Guspa Chaniago. Mereka memberikan pembekalan materi untuk memperbarui dan meningkatkan kemampuan kehumasan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sumbar juga memberikan piagam penghargaan kepada tiga Sie Humas Polres terbaik dalam kategori “Aktif dalam Publikasi Kegiatan Kepolisian di Media.” Penghargaan ini diraih oleh Sie Humas Polres Padang Pariaman, Sie Humas Polres Pasaman, dan Sie Humas Polres Agam.

Baca Juga :  Anggota Polsek Lembursitu Himbau Juru Parkir Wisata Selalu Waspada Kriminal

Rakernis Fungsi Humas ini turut dihadiri oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, S.Ik. MH, dan Pejabat Utama Polda Sumbar. Dengan kegiatan ini, diharapkan Polri semakin siap menghadapi tantangan di era digital dan semakin dicintai masyarakat.

(*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest