Tangkal Radikalisme Kodim 0715/Kendal Canangkan Kampung Pancasila

Kendal, investigasi.news – Untuk menangkal radikalisme dan menanamkan nilai nilai Pancasila, Kodim 7015/Kendal membentuk Desa Pancasila. Desa Cepiring Kecamatan Cepiring terpilih sebagai desa percontohan Kampung Pancasila dan nantinya setiap Kecamatan akan dibentuk 1 Kampung Pancasila.

Pembukaan kampung Pancasila di Desa Cepiring Kecamatan Cepiring di resmikan oleh Pangdam IV Diponegoro dan dihadiri oleh Danrem 073 / Mahkotarama, Bupati Kendal, Kapolres , Dandim 0715/ Kendal dan jajarannya.

Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Rudianto bersama Danrem 073/ Makotarama Kolonel Putranto Gatot Sri Handoyo Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthem Jenry Polii, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Wakil Bupati Windu Suko Basuki, Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto beserta rombongan sampai di Kampung Pancasila kurang lebih pukul 14.14 WIB. Sebelum sampai ke tenda kehormatan Pangdam, Danrem,Bupati dan Dandim 0715/Kendal memberikan kesempatan untuk foto bersama dengan warga .

Dalam sambutannya Bupati Kendal menyampaikan ” Dengan dicanangkannya Kampung Pancasila ini dapat memupuk kerukunan antar umat beragama. Saya sangat apresiasi atas Program Kodim 0715/ Kendal yang nantinya akan mencanangkan satu kecamatan 1 kampung Pancasila ditengah perubahan zaman yang luar biasa ini,” terangnya.

Masih diacara yang sama Pangdam IV Diponegoro menyampaikan ” Kampung Pancasila ini dibentuk sebagai salah satu cara menangkal radikalisme di era digital. Dengan membentuk Kampung Pancasila sebagai upaya membumikan gotong royong, untuk menanamkan Pancasila dalam kehidupan sehari hari sehingga harapannya tidak ada lagi remaja yang tidak hafal Pancasila,” jelasnya.

Pangdam juga menyumbangkan beberapa aplikasi E Kampung Pancasila Kemudian ada online Pendidikan Gratis yang dapat dipakai belajar online untuk remaja Desa Cepiring Kecamatan Cepiring dengan harapan bisa menjadi contoh bagi desa yang lain.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Pangdam IV/Diponegoro sebagai tanda diresmikannya Kampung Pancasila di Desa Cepiring Kecamatan Cepiring.
Peni /Sus