Sukseskan Program PMT, Pemda Pultab Raih Penghargaan dari Menteri Kesehatan

Pulau Taliabu, Investigasi.news – Luar biasa, usai sukses melaksanakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah membawa  Pemerintah Daerah Pulau Taliabu masuk dalam daftar prestisius 10 besar di Indonesia, Dimana akhirnya pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, meraih penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat.

Pengharapan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin kepada Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus, dalam sebuah upacara yang berlangsung di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Penghargaan ini adalah pengakuan atas upaya besar yang telah dilakukan oleh pemerintah Taliabu dalam percepatan penurunan kasus stunting sejak tahun 2018. Hasilnya sangat mengesankan, dengan penurunan sebesar 11,5 persen selama 4 tahun terakhir. Keberhasilan ini adalah hasil kerja sama antara berbagai pihak yang peduli terhadap kesejahteraan anak-anak Taliabu.

Bupati Taliabu Aliong Mus, sangat bersyukur atas penghargaan ini. “Ini adalah hasil kerja keras semua pihak dalam upaya menurunkan angka stunting,” kata Aliong Mus, Jumat (6/10/2023).

Meskipun meraih penghargaan ini, Aliong Mus tetap berkomitmen untuk terus bekerja keras guna mencapai target penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus usi menerima penghargaan Di Istana Wapres RI. (Foto: Ist)

Sementara itu, Kepala Dinas Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly, menjelaskan bahwa pemberian makanan tambahan lokal yang dilakukan oleh pemerintah Taliabu bertujuan untuk meningkatkan status gizi pada sasaran yang sangat penting, yaitu balita yang mengalami masalah gizi dan ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Program PMT ini telah dilaksanakan di delapan puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan di Taliabu, dan sudah mencapai pencapaian sebesar 85 persen. Ini meliputi puskesmas Lede, Bobong, Losseng, Gela, Samuya Nggele, Pencadu, dan Tabona.

Turunkan-Stunting-Kabupaten-Pulau-Taliabu-Raih-Penghargaan-dari-Menteri-Kesehatan.jpgPiagam penghargaan yang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu.  (Foto: Kominfo Taliabu )

“PMT lokal ini kami berikan pada sasaran yang telah kami data, yakni balita yang memiliki masalah gizi dan juga ibu hamil KEK. Ini adalah hal yang penting karena manfaatnya adalah tumbuh kembang anak dan juga ibu hamil, makanan itu dimasak langsung dan diberikan,” kata Kuraisia.

Dari 514 kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia, hanya 10 kabupaten yang telah berhasil melaksanakan program PMT dengan efektif. Kabupaten Pulau Taliabu menjadi salah satu dari 10 kabupaten tersebut, dan prestasi ini patut diacungi jempol sebagai contoh keberhasilan dalam upaya penurunan stunting di Indonesia.

(ADV)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles