Bupati Agam Dorong Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Guru SMP Melalui Pelatihan Digital dengan UNJ

More articles

spot_img

Agam, investigasi.news – Sebanyak 74 guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Agam mendapatkan pelatihan keterampilan Bahasa Inggris Berbasis Digital pelatihan ini berlangsung selama tiga hari dengan narasumber dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), di Hotel Syakura Lubuk Basung, Rabu (24/4).

Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi untuk kegiatan yang dirancang Fakultas Bahasa dan Seni UNJ yang merupakan almamaternya itu. Menurutnya kegiatan ini dapat mengembangkan materi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis digital di sekolah.

“Apresiasi ini kami berikan, sebagai salah satu bentuk kebanggaan kami pada UNJ yang turut mendukung program pengembangan SDM Kabupaten Agam.” katanya.

Disampaikan juga oleh bupati, kegiatan ini relevan dengan visinya di bidang pendidikan yaitu menjadikan siswa siswa Kabupaten Agam siap untuk go internasional dengan memberikan bekal kemampuan berbahasa Inggris dalam rangka menghadapi tantangan zaman yang semakin komplek.

“Dengan adanya kerjasama dengan UNJ ini, kita berharap untuk tahun-tahun berikutnya semakin banyak siswa siswi Kabupaten Agam melanjutkan pendidikan ke UNJ,” ucapnya.

Perwakilan UNJ, Prof Ilza Mahyuni menyampaikan, pelatihan Bahasa Inggris ini memanfaatkan materi digital bertajuk New Versi MyEnglishstep. Setidaknya ada empat materi pokok yang akan disampaikan selama tiga hari ke depan.

Pokok materi tersebut lanjutnya yakni pengembangan materi ajar Bahasa Inggris berorientasi kebhinekaan global, pengajaran berdiferensiasi dengan pemanfaatan materi digital Myenglishstep.

Lalu materi tentang pengajaran listening skills berbasis kurikulum merdeka dan multiliterasi. Terakhir, pengajaran reading skills berbasis kurikulum merdeka.

“Pada pelatihan kali ini akan ada empat narasumber dari UNJ. Pelatihan ini kami upayakan lebih banyak praktek dari pada teori,” ucapnya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Taslim, MPd menyampaikan, pelatihan ini merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ di Kabupaten Agam dan merupakan bagian dari program unggulan Bupati di bidang SDM.

“Tujuan pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan SDM dan kompetensi guru terutama guru Bahasa Inggris. Kemudian sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam penerapan kurikulum merdeka belajar dan kampus merdeka,” ujarnya. Daji

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img