Pengujian Pangan di Hari Keamanan Pangan Sedunia, OKKPD Agam Pastikan Semua Sampel Aman dan Bebas Bahan Berbahaya

More articles

spot_img

Agam, Investigasi.news – Dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 Juni 2024, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Agam melalui OKKPD (Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah) turun ke lapangan untuk melakukan pengambilan dan pengujian sampel pangan segar di Pasar Lama Lubuk Basung pada Rabu, (12/6).

Kegiatan pengawasan keamanan pangan ini dipimpin langsung oleh Rita Delfianti, S.Pt Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Agam.

Pengujian sampel pangan segar dilakukan dengan menggunakan rapid test pestisida dan formalin. Komoditas yang diuji meliputi cabe merah keriting, cabe rawit, sawi, wortel, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kol, ikan kembung, dan daging ayam.

Baca Juga :  Lantik Wali Nagari Candung Koto Laweh, Bupati Agam Ingatkan Ini

Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua sampel yang diuji negatif residu pestisida dan formalin serta aman dikonsumsi.

Kepala DKPP Agam, Rosva Deswira, S.Pi., M.Si saat meninjau pengujian sampel di Pojok Aman Pangan Agam (PAPA) menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjamin keamanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Agam.

“Keamanan pangan merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan dan pengujian pangan secara berkala untuk memastikan bahwa pangan yang dikonsumsi masyarakat aman dan terhindar dari bahan berbahaya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas mengapresiasi kinerja OKKPD Kabupaten Agam dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya harap tim ini dapat terus bekerja dengan semangat dan profesionalisme untuk memastikan keamanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Agam,” pungkasnya.

Baca Juga :  Dukung Pengembangan Pariwisata, Komisi III DPRD Agam Kunjungi Pokdarwis Sabai Nan Aluih Padang Tarok

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan pangan dan mendorong para pedagang untuk selalu menjual bahan pangan yang aman dan berkualitas.

Daji

spot_img
spot_img

Latest

spot_img