Terkait Perobahan Iklim Global, Wako Bersama Unsur Forkopimda Ikuti Vidcon Mabes TNI-AD

Kota Solok, Invesytigasi.news. Dampak perubahan iklim global. Ini jadi tematik komunikasi sosial (Komsos) TNI-AD dan pemerintah yang digelar secara during Mabes TNI-AD, pukul 09.00 WIB – 11.30 WIB, Senin, (22/1). Pada saat itu Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengikuti Video Conference Komunikasi Sosial (Komsos) dengan aparat pemerintah dan Forkopimda Kota Solok Di Ruang Zarhismi Ajiz Lantai II Balaikota Solok, Senin (22/01/24).

Turut hadir, Dandim 0309/Solok, Letkol Inf Novi Aji Satrio, Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadillan beserta Forkopimda Kota Solok. Vicon tersebut mengangat tema ” TNI AD Bersama Rakyat Siap Hadapi Dampak Perubahan Iklim Global”.

Dalam Vicon ini terlihat Komsos during itu dipandu Dr. Brigite Manohara selaku moderator. Serta dibuka Asisten Teritorial KSAD, Mayor Jenderal TNI. Joko Hadi Susilo, SIP. Serta menampilkan 2 narasumber. Yakni, Dr. Fahri Redjab dari BMKG dan Dr. Thomas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
Dalam keterangan Vidcon tersebut Joko Hadi Susilo menyatakan ‘’Kita harus berkolaborasi dan bersinergi dalam menghadapi dampak perubahan iklim global. Seperti kenaikan suhu dan volume air laut. Serta munculnya bencana banjir, kekeringan, longsor serta kebakaran hutan dan lahan yang berdampak bagi stabilitas keamanan,’’ ungkap Joko Hadi Susilo. Untuk mengantisipasi perubahan iklim global itu lanjut Joko Hadi Susilo, TNI-AD Bersama rakyat dan pemerintah harus berkolaborasi dalam mencari solusi antisipatif. ‘’Saat ini, masa musim hujan diprediki berlangsung pendek. Tapi intensitasnya tinggi dan deras. Sehingga berpontensi terjadinya bencana banjir dan longsor. Untuk itu, dibeberapa wilayah berpotensi bencana alam perlu dilakukan reboisasi dan penghijauan,’’ tutur Joko Hadi Susilo.
Dikatakan, selama Januari 2024 telah terjadi 66 bencana alam di tanah air. 42 bencana alam dan 17 bencana akibat perubahan cuaca.’Bencana alam yang terjadi berupa banjir, longsor dan erupsi gunung api yang berdampak pada kelangkaan pangan,’’ ujar Joko Hadi Susilo. (Wahyu)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles