Wako Pembina Apel Gabungan dan Senam Bersama HUT Korpri Ke-52

More articles

spot_img

Kota Solok, investigasi.news. Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menjadi pembina apel gabungan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) KORPS Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-52 Tahun 2023, di Halaman Balaikota Solok, Jum’at (01/12/23).

Turut hadir, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, Asisten Sekda, Staf Ahli wako, kepala opd dan ASN lingkup Pemko Solok.
Wali Kota Solok dalam arahannya membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Prof.Dr.Zudan Arif Fakrulloh,SH,MH mengatakan, Pada hari ini, KORPRI kembali memperingati ulang tahun yang ke-52. Untuk itu, Saya menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun kepada para anggota KORPRI dimanapun Saudara-saudara bertugas. Momentum ulang tahun ke 52 marilah kita jadikan sebagai upaya untuk meneguhkan KORPRI sebagai Penguat NKRI dan Pelindung ASN.
Saya juga menyampaikan terima kasih kepada KORPRI dan seluruh ASN atas semua program yang bermanfaat ke masyarakat luas. Semua program tersebut tentunya tidak akan terlaksana dengan baik tanpa kerja-kerja yang optimal dari seluruh ASN.

Sekali kagi perkenankan saya mengapresiasi dan berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian 4,4 juta para ASN dan seluruh keluarga besar KORPRI.
Saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat karena dua hal besar yaitu karena perkembangan teknologi dan karena perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat. Dua faktor besar pengubah kehidupan ini harus disikapi oleh KORPRI.

Saat ini dunia sudah digerakkan oleh Al (Artificial Intelegence), IoT (internet of thing), Big Data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, maupun verifikasi biometrik sehingga kita tidak bisa lagi menggerakkan pemerintahan dengan cara-cara lama. Kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Kita harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan yang paling update.
Digitalisasi dalam proses, hasil layanan dan marketing semua produk layanan pemerintahan sudah merupakan kebutuhan. Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam. Masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat. Layanan saat ini sudah harus bisa diakses secara online, cepat dan tepat.

Baca Juga :  Wawako Serahkan SK Pensiun Kepada 6 ASN

Untuk itu, saya minta KORPRI mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.
Bahwa semua negara maju sudah menerapkan sistem meritokrasi dalam birokrasi. Saya minta para pengurus KORPRI yang rata-rata adalah para Sekjen, Sesmen, Sekda dapat menerapkan meritokrasi dalam birokrasi. Hal ini sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi semakin baik.

Meritokrasi harus berbasis pada kompetensi, kualifikasi dan kinerja yang diberlakukan secara adil, wajar, transparan dan tanpa diskriminasi.
Saya berharap sistem meritokrasi ini segera terwujud dan memudahkan pengembangan karir ASN dalam satu kementerian, kabupaten, provinsi, atau pindah kementerian, pindah kabupaten maupun pindah provinsi.

Hal ini harus dapat dilakukan karena tujuan Meritokrasi adalah untuk (1) Merekrut ASN secara profesional; (2) Mengembangkan kompetensi ASN; (3) Kepastian karir ASN; (4) Perlindungan karir ASN; (5) Pengelolaan ASN yang efektif dan efisien; dan (6) Penghargaan untuk memotivasi ASN.

Baca Juga :  472 Orang Satlinmas PAM TPS Pemilu 2024 Kota Solok Diserahterimakan

Selanjutnya terdapat bagian yang menarik dalam sejarah kehidupan KORPRI ketika disandingkan dengan pemilu presiden dan pilkada. Dua event besar ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas KORPRI. Tahun 2024 akan berlangsung pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD dam pemilihan 38 Gubernur/ Wakil Gubernur dan 514 Bupati Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota.
Ini merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus kita sukseskan bersama. Saya percaya bahwa KORPRI sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi Pilpres dan Pilkada, sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945.

KORPRI yang memiliki peran penting dan strategis dalam membangun bangsa Indonesia, merupakah salah satu wadah perekat dan pemersatu bangsa. Melalui KORPRI, mari kita senantiasa berperan dengan meningkatkan kinerja, berkolaborasi dan bersinergi, serta menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diamanahkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu saya mengingatkan kembali tentang netralitas dimaksud karena orientasi KORPRI tetap tidak berubah yaitu untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI. Secara khusus, saya juga meminta keluarga besar KORPRI untuk terus menerus membentengi anggotanya dari intoleransi dan radikalisme.
Bahwa saat ini program utama KORPRI mencakup peningkatan kualitas pelayanan publik, digitalisasi birokrasi, penguatan ideologi ASN, perlindungan karir, bantuan hukum, dan peningkatan kesejahteraan. Program ini diharapkan membawa dampak positif pada masyarakat.
Untuk itu, saya mengajak pengurus KORPRI agar turut berperanserta secara aktif dalam menangani masalah inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, anak tidak sekolah, dan perkawinan anak-anak.
Akhirnya saya ucapkan selamat bertugas. Pengabdian dan hasil kerja kita, seluruh jajaran KORPRI selalu dinantikan oleh masyarakat, bangsa dan negara.
Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan kepada kita semua dalam mengemban amanah demi kemajuan bangsa dan negara. Amin DIRGAHAYU KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kota Solok Serahkan Bantuan Sapi Untuk Kelompok Tani

“KORPRI MAJU TERUS”
Wako Zul Elfian Umar juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Korpri Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah. Keinginan masyarakat Alhamdulillah sudah berangsur kita wujudkan, kedepan kita akan bergerak bersama mewujudkan Kota Solok Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara). Kita juga harus terus melakukan evaluasi sejauh mana kesuksesan kita, dan yang belum sukses bersama kita perbaiki dan bersama menyukseskan.

Semua yang kita lakukan, selain itu membawa kemaslahatan kepada masyarakat juga semoga akan menjadi amal saleh disisi Allah SWT.

Pada kesempatan itu juga diserahkan Penghargaan kepada OPD dengan nilai pengawasan kearsipan internal terbaik Pemerintah Kota Solok yakni Terbaik 1 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok, Terbaik 2 Dinas Lingkungan Hidup Solok serta Terbaik 3 Sekretariat DPRD Kota Solok. Kegiatan tersebut diakhiri dengan senam bersama. (Wahyu)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img