3 Tahun Kepemimpinan Safaruddin-Rizki, Limapuluh Kota Bertabur Prestasi

More articles

spot_img
Lima Puluh Kota, Investigasi.news – 26 Februari 2024, tepat 3 tahun kepemimpinan Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri (SAFARI) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota. Berbagai keberhasilan dan prestasi berhasil dicatatkan oleh kedua pemimpin tersebut.
Safaruddin
Bupati Lima Puluh Kota (dua dari kiri) Raih Best Leader Of The Year. ( Foto: Diskominfo)

Setidaknya, niat tulus ke dua pemimpin ini memimpin Lima Puluh Kota selama tiga tahun belakang ditengah keterbatasan pandemi Covid-19, dengan mengusung visi mewujudkan Lima Puluh Kota Madani, Beradat dan Berbudaya, pasangan ini berhasil meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Dari data yang berhasil dirangkum, IPM Lima Puluh Kota meningkat dari 70.82 pada tahun 2020 menjadi 72.05 pada tahun 2023. Hal ini membuktikan bahwa pasangan SAFARI mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Jika, IPM Lima Puluh Kota terus merangkak naik ini akan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Lima Puluh Kota di jangka pendek.

Safaruddin
Peresmian RTH Mahkota Berlian. (Foto: Diskominfo)

Hebatnya lagi, selain mampu meningkatkan IPM, pasangan Bupati Safarudin-Rizki juga berhasil menurunkan angka kemiskinan di kabupaten itu, hal ini juga membuat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lima Puluh Kota merangkak naik, dimana pada tahun 2020 lalu minus 1.1 naik menjadi 6.6 pada tahun 2023.

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat silahturahmi dengan awak media di 3 tahun kepemimpinannya mengatakan, beberapa capaian agenda prioritas yang dilakukannya diantaranya adalah pengembangan masyarakat madani seperti sektor sosial, pendidikan dasar, beasiswa siswa kurang mampu, bantuan tempat ibadah, serta jaminan kesehatan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Deklarasi ODF di Kecamatan Lareh Sago Halaban. (Foto: Diskominfo)

“Di sektor sosial, telah diupayakan peningkatan pelayanan publik meliputi rehabilitasi sosial dan perlindungan jaminan sosial di Lima Puluh Kota, dan membangun 89 unit rumah Tahfiz dari 69 Nagari,” sebutnya di Aula Kantor Bupati Bukik Limau, Sarilamak, Senin (2/2).

Kemudian peningkatan Pembangunan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak, seperti terbangunnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah IKK dengan nama Taman Mahkota Berlian di tahun 2023 dan telah di rekontruksi jalan di kawasan IKK sepanjang 51.5 KM, serta pembangunan jalan baru sepanjang 7 KM dan jalur penghubung dengan membangun 5 unit jembatan di kawasan IKK.

Bupati Lima Puluh Kota Raih Best Leader Of The Year. (Foto: Diskominfo)

Tidak hanya itu, kata Bupati pihaknya juga mengupayakan membangun jalan 2 lajur dengan panjang Enam KM dengan lebar 8 meter, hal ini telah dilakukan survey dan pemetaan pada 2022 lalu, dan tahun ini sudah ada dokumen perencanaannya.

Selanjutnya peningkatan disektor wisata telah dilakukan peningkatan di pengembangan Geopark Harau serta pembangunan Sarana Prasarana Pariwisata di Lembah Harau. serta peningkatan ekonomi masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pemberian bantuan bagi IKM dan UMKM.

Sedangkan capaian Agenda Perioritas di Bidang Pertanian dan perikanan menuju agribisnis telah dibuka luas lahan jagung sebanyak 3.839 ha dan potensi lahan perikanan yang sudah dimanfaatkan sebanyak 387,7 ha, serta meningkatkan populasi sapi menjadi 100.000 ekor dan melakukan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah.

Bupati Lima Puluh Kota Terima Penghargaan Tertinggi Dwija Praja Nugraha. (Foto: Diskominfo)

“Dari beberapa capaian agenda perioritas tersebut, Pemkab Lima Puluh Kota telah berhasil memboyong 76 penghargaan tingkat Nasional,” sebutnya.

Dari 76 penghargaan yang berhasil dicapai pasangan ini, paling tersohor yakni berhasilnya Kabupaten Lima Puluh Kota menciptakan sejarah, menjadi juara MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumbar, serta penghargaan Best Leader Of The Year yang diraih Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Safaruddin juga berhasil meraih penghargaan tertinggi Dwija Praja Nugaha, dimana penghargaan ini satu-satunya kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang dianugerahi penghargaan tertinggi dari korps guru nasional yang diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia.

Juara Umum MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat. (Foto: Diskominfo)

“Penghargaan ini berkat dukungan semua pihak, mudah-mudahan menjadi motivasi untuk terus bergerak membangun Kabupaten Lima Puluh Kota yang lebih maju,” pungkasnya.

LUNCURKAN PORTAL SATU DATA

Pada momentum 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Safaruddin juga dimanfaatkan dengan melaunching portal Satu Data Tingkat Kabupaten.

Portal satu data ini merupakan program Diskominfo Lima Limapuluh sebagai solusi yang efektif dan efisien dalam pencarian data yang dibutuhkan Masyarakat tanpa batas waktu dan tempat.

Sekaligus merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas Pemkab Lima Puluh Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Kepala Dinas Kominfo Lima Puluh Kota, Joni Amir menyebutkan, Portal Satu Data Kabupaten Lima Puluh Kota ini merupakan informasi yang lengkap, aktual, valid dan akuntabel sehingga kebutuhan bagi instansi pemerintah dan kalangan dunia usaha, akademisi, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya dapat dengan mudah dan praktis untuk mendapatkan dan memanfaatkan data.

Dikatakannya, informasi yang disediakan di Portal tersebut yakni berupa data sektoral yang berasal dari perangkat daerah di lingkup pemkab Lima Puluh Kota.

“Melalui portal tersedia data yang akurat, mutakhir dan terpadu serta mudah diakses. Selain itu juga mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan yang berbasis pada data,” katanya. (adv)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img