Dinilai Strategis, Kementerian Pertahanan Tinjau Lokasi SMA Taruna Nusantara di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, investigasi.news – Kabupaten Limapuluh Kota dinilai strategis jadi salah satu lokasi pembangunan SMA Taruna Nusantara. Dilihat dari kontur tanah dan topografi daerah yang ideal, sangat cocok untuk direkomendasikan ke Kementerian Pertahanan untuk dibangun sebuah sekolah yang berskala nasional. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Barang Milik Negara Baranahan Kementerian Pertahanan Marsekal Pertama Tisna Kurniawan ketika melaksanakan pertemuan dengan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo sesaat setelah melaksanakan peninjauan lapangan di Lapangan Terbang Perintis Nagari Piobang, Kamis, (07/12/2023).

Terlebih, kawasan tersebut jadi aset TNI AU. “Kami bersama rombongan secepatnya akan menyusun laporan peninjauan di Limapuluh Kota kepada Pak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mohon dukungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk memperkuat penilaian kami nantinya,” terang Marsma Tisna. Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan, Wali Nagari dan sejumlah tokoh masyarakat Nagari Piobang.

Kabupaten Limapuluh Kota jadi salah satu kandidat lokasi pembangunan SMA Taruna Nusantara di Sumatera Barat bersama Kota Padang. Lebih lanjut Marsma Tisna menjelaskan, ada tiga lokasi calon kuat lokasi pembangunan SMA yang beken disebut SMA Tarnus, diantaranya Lanud Sutan Sjahrir Padang dan duanya lagi di kawasan Monumen Bela Negara Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh dan Lapangan Terbang Perintis Nagari Piobang, Kecamatan Payakumbuh. “Dari hasil survey di Gunuang Omeh beberapa waktu lalu telah dilaporkan ke pimpinan. Untuk Piobang sendiri, memiliki kontur tanah datar dan mengotak atau memanjang. Nilai plusnya banyak dikelililingi bukit yang dinilai sangat bagus untuk proses belajar mengajar,” tukas Marsma Tisna. Ia berharap, Pemerintah Daerah dan Desa/Nagari mendukung program ini, sehingga memiliki dampak positif terhadap dunia pendidikan, sosial maupun ekonomi masyarakat sekitar. “Dikarenakan harus secepatnya ‘ground breaking’, Keputusan lokasi pembangungan SMA Tarnus akan keluar dalam bulan ini,” tandas Marsma Tisna.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota menyambut baik rencana pembangunan SMA Tarnus di Kabupaten Limapuluh Kota. “Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menyambut baik rencana pembangunan SMA Taruna Nusantara di Nagari Piobang maupun di kawasan Monumen PDRI Koto Tinggi. Didirikannya sekolah binaan Kementerian Pertahanan tersebut diharapkan memiliki efek domino terhadap dunia pendidikan di Limapuluh Kota serta berdampak langsung terhadap keberadaan masyarakat di sekitar,” jelas Bupati Safaruddin. Ia berharap, Kementerian Pertahanan menunjuk Kabupaten Limapuluh Kota jadi salah satu lokasi pembangunan SMA Tarnus. “Di Koto Tinggi maupun Piobang, kami siap dukung penuh,” ucap orang nomor satu di Limapuluh Kota tersebut. (Amr).

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles