Perjuangkan Infrastruktur Sumbar, Wagub Ke Kementerian PUPR

Jakarta, Investigasi.news – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy sambangi Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Senin (29/1/2024). Audy menyebut, maksud dari kedatangannya tersebut untuk membahas rencana pembangunan sejumlah infrastruktur strategis di Sumbar bersama Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc.

Ia juga menegaskan, kunjungannya beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait kali ini adalah bukti dari keseriusan Pemprov Sumbar dalam mengupayakan percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur strategis di Sumbar.

“Kita datang karena kita serius, apalagi apa yang kita usulkan ini telah menjadi kebutuhan mayoritas masyarakat di Sumbar. Bahkan sebelumnya, hal ini juga telah dibahas Gubernur dengan Menteri PUPR pada awal januari lalu. Artinya sekarang kita sifatnya _memfollow up_ kembali agar menjadi lebih matang,” ungkap Wagub Sumbar usai pertemuan.

Ia menuturkan, dirinya tadi telah berdiskusi langsung dengan Dirjen Bina Marga terkait kelanjutan rencana pembangunan sejumlah infrastruktur strategis di Sumbar. Alhamdulillah usulan itu, mendapat respon positif dari pihak Kementerian PUPR.

Adapun rincian dari rencana proyek infrastruktur yang menjadi tema pembahasan Wagub Sumbar dengan Dirjen Bina Marga itu antara lain, kelanjutan pembangunan ruas tol Sicincin – Bukittinggi, flyover Sitinjau Lauik, penataan kelok IX dan usulan inpres jalan daerah.

Audy mengatakan, terkait dengan usulan pembangunan ruas tol Sicincin-Bukittinggi, Dirjen Bina Marga menyebut akan segera membahasnya dengan kementerian terkait agar bisa kembali masuk sebagai bagian dari proyek strategis nasional.

Sedangkan untuk usulan proyek penataan kelok IX, sambung Audy, dalam tahun ini pihaknya akan segera menyusun masterplan. Nantinya, itu akan diserahkan ke Kementerian PUPR sebagai bahan acuan, baik untuk penganggarannya maupun untuk pembangunannya.

“Selain itu, tadi kita juga membahas terkait rencana pembangunan Flyover Sitinjau Lauik, ditargetkan dalam semester 1 Tahun 2024 ini proses tender KPBU nya tuntas dan bisa segera dimulai pembangunannya,” tukuk Audy Joinaldy.

Sementara itu Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc menyebut sejumlah usulan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tersebut akan segera dilaporkannya kepada Menteri PUPR untuk kemudian dibahas dalam rapat lintas kementerian.

“Khusus untuk Flyover Sitinjau Lauik, dalam semester 1 ini ditargetkan proses tender KPBU nya bisa selesai,” terang Hedy Rahadian

Selanjutnya ia menegaskan jika sejumlah usulan tersebut disetujui, diharapkan komitmen dari Pemerintah Daerah untuk percepatan dalam pembebasan lahan. Tujuannya, agar nantinya proses pembangunan dapat berjalan lancar sesuai harapan.

Turut mendampingi Wakil Gubernur dalam kunjungan tersebut Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi dan Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Kerja dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar, Era Sukma Munaf.

Sedangkan yang hadir mendampingi Dirjen Bina Marga diantaranya Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, Dr. Triono Junoasmono, ST, MT dan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kementerian PUPR Wilayah Sumbar, Thabrani. (adpsb/busan)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles