Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto Sukseskan HMPI

Sawahlunto, investigasi.news – Pramuka Satuan Karya (Saka) Kalpataru Kwarcab Kota Sawahlunto ikut menyukseskan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2023. Kegiatan yang diikuti 16 pramuka Saka Kalpataru itu digelar di Taman Silo Ombilin Saringan Kota Sawahlunto, Jumat (29/12/2023).

Pamong Saka Kalpataru Kwarcab Kota Sawahlunto Adrian menyatakan dalam Saka Kalpataru adalah salah satu satuan karya pramuka di gerakan pramuka yang khusus bergerak dalam bidang lingkungan hidup dan sudah seharusnya mereka terlibat dimomen HMPi ini.

“ Ada 3 Krida dalam Saka Kalpataru, yakni Krida 3R ( Reduce, Reuse dan Recycle), Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati. Dan menanam pohon adalah termasuk dalam pelaksanaan krida yang sangat tepat implementasinya” kata Adrian

Pada momen HMPI) kota Sawahlunto itu, PT Bukit Asam Ombilin serahkan bibit pohon buah produktif. Bitit yang terdiri dari 100 bibit pohon Flamboyan, 2.750 bibit Alpukat, 750 bibit Nangka dan 750 bibit Durian itu diserahkan secara simbolis oleh General manager PT Bukit Asam UP Ombilin Yulfaizon disaksikan Pj Wali Kota Sawahlunto Zefnihan.
Pada kegiatan itu, Wali Kota Sawahlunto Zefnihan, GM PT Bukit Asam Yulfaizon, Pimpinan Bank Nagari Sawahlunto Rusdi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto, Henny Purwaningsih melakukan penanaman pohon flamboyan di areal Silo Ombilin Saringan.

“ bantuan bibit tanaman dan pohon buah produktif ini bentuk kontribusi dan tanggung jawab sosial perusahaan CSR dalam menjaga lingkungan dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya,” kata Yulfaizon.

Diserahkan kepada 11 Desa dan 2 Kelurahan yang ada dikota ini dan untuk bibit pohon flamboyan diserahkan kepada dinas kawasan permukiman pertanahan dan lingkungan hidup agar dapat ditanam dilingkungan.

“ PT Bukit Asam akan senantiasa berkolaborasi dalam menyalurkan CSR bagi kota ini. Setidaknya tahun ini sudah Rp1,5 miliar disalurkan dana bagi masyarakat kota ini dengan berbagai jenis, bidang seperti pendidikan, pertanian, UMKM dan lainnya,” sebut Yulfaizon.

Pj Wako Zefnihan juga menyebut, kegiatan menanaman pohon ini merupakan aktivitas yang sangat luar biasa dalam bentuk berkontribusi menyelamatkan lingkungan demi keberlangsungan bumi masa depan generasi selanjutnya.
“Jangan hanya sekedar menanam saja.

“ tapi tanggungjawab kita bersama untuk merawat dan memeliharanya, sehingga apa yang ditanam itu bermanfaat dan berdampak positif bagi lingkungan dan juga kita yang ada didalamnya,” ujar Zefnihan.

Sementara Kabid LH DinasPerumahan DPKP2LH Sawahlunto Heantomas menyatakan penanaman pohon disekitar kawasan Silo ini diharapkan dapat berkontribusi nantinya dalam mengurangi polusi udara dan menyegar udara disekitar.

“ terima kasih kepada adik-adik Saka Kalpataru yang telah berpartipasi aktif pada kegiatan HMPI dan juga dapat berperan aktif dalam peleksatrian lingkungan dan kebersihan kota ini “ kata Heantomas

Lebih jauh Heantomas yang juga Pimpinan Pramuka Saka Kalpataru itu menjelaskan meski indeks kualitas udara di Sawahlunto dalam kategori baik, namin dengan ditambahnya tanaman pohon pelindung yang ditanam hari ini, akan membuat semakin baik dan nyama udara dikota ini.(Tumpak)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles