Pasukan Pengamanan Pemilu Siap Jalankan Tugas

Bengkulu, Investigasi.News – Bertempat di Halaman Balai Kota Merah Putih, Selasa (23/1). Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi mengikuti apel gabungan personel pengamanan Pemilu 2024. Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Deddy Nata, S.I.K,

Dikesempatan ini, Kapolresta Bengkulu mengungkapkan, kegiatan apel ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan personel pengamanan Pemilu.

“Ini personel pengamanan TPS Pemilu. Ada TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan juga nanti didukung oleh personel dari BPBD dan Damkar,” jelas Deddy.

Dikumpulkannya personel pengamanan pemilu pada apel gabungan, kata Deddy, agar setiap personel saling kenal dan dapat bersinergi saat melakukan pengamanan pemilu.

“Tujuannya untuk mempersatukan agar saling kenal antar personel. Waktu masih banyak, jadi bisa saling komunikasi dan berkoordinasi agar nanti langkah-langkah pengamanan semua personel paham apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan. Sehingga nanti dalam pelaksanaannya semua sudah siap dan matang. Kalaupun ada permasalahan sudah tahu harus koordinasi ke siapa,” terangnya.

“Selain itu, nantikan juga ada kegiatan Bimtek KPPS ya. Kita juga akan memberikan arahan disana, agar nanti rekan-rekan personel pengamanan di TPS, baik yang stasioner maupun yang mobile dapat berkoordinasi dengan rekan-rekan KPPS nanti,” sambungnya.

Dengan harapan, Pemilu yang berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang berjalan dengan aman, tertib, damai dan nyaman.

Lebih lanjut, Deddy menyebutkan ada 290 personel Polresta yang ngepam di TPS. “Kalau personel dari Kodim itu ada kisaran 40, dan ada juga nanti rekan-rekan Babinsa. Ada juga personel dari Lanal nantinya. Kemudian untuk jumlah linmas itu sebanyak 1970,” tuturnya.

Dengan banyaknya personel gabungan, Deddy meminta semuanya dapat terkumpul dalam satu grup Whatsapp (WA) untuk memudahkan koordinasi saat bertugas.

“Ini untuk memperlancar komunikasi karena banyaknya personel. Jadi kita perlu suatu media agar komunikasinya dapat lancar, baik dan cepat. Oleh karena itu, kita bikin grup WA,” tutupnya.

Sementara itu, terkait Pemilu, Pj Walikota menyebutkan Pemkot Bengkulu siap bekerjasama dalam menyukseskan Pemilu 2024. Diharapkan Pemilu tahun 2024 mendatang berjalan aman, damai, dan lancar di Kota Bengkulu.

“Kita siapkan untuk menjaga kondusifitas di Kota Bengkulu. Pemilu harus berjalan aman dan damai jangan sampai masyarakat terpecah belah. Karena hal ini rawan terjadi saat pelaksanaan Pemilu,” ujar Arif.

Ia juga meminta seluruh warga Kota Bengkulu untuk dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pemilu.

“Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan. Oleh karena itu, mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar Pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tuturnya.

Selain itu, Arif juga mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak, jujur, cerdas dan bertanggungjawab.

Sebagai informasi, pada apel gabungan ini turut hadir, Perwakilan Kodim 0407 Kota Bengkulu, Lanal Bengkulu, Waka I DPRD Kota Marliadi, Pj Sekda Eka Rika Rino, Kasatpol PP Yurizal, Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasad, Ketua Bawaslu Kota Bengkulu Rahmat Hidayat dan tamu undangan lainnya. (R)

Sumber: mckb

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles