Pecahkan Rekor MURI, 4500 Mahasiswa UNIB Serentak Pakai Kbek Palak

Bengkulu, Investigasi.News – Budaya ‘Kbek palak’ yang digagas Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi kian melambung di kalangan masyarakat. Lebih hebatnya lagi, Senin (8/8/2022), Kbek palak pecahkan rekor dunia MURI yang dilakukan Universitas Bengkulu (UNIB).

Yang mana kbek palak dikenakan serentak oleh 4500 mahasiswa UNIB yang sedang melakukan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini dipelopori langsung oleh BEM UNIB dengan tujuan untuk mengangkat budaya baru yang digagas Wawali Dedy.

Dengan rekor ini, selaku penggagas, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi turut bangga dan senang karena kbek palak kian buming, bahkan memecahkan rekor MURI.

“Selaku penggagas, saya bangga dan bahagia, kenapa? Karena kbek palak oleh teman-teman BEM UNIB dilakukan pemecahan rekor muri 4500 siswa serentak menggunakan kbek palak,” ujar Dedy dengan penuh haru.

Kbek palak, kata Dedy, akan menjadi ciri khas budaya baru, baik di Provinsi maupun Kota Bengkulu.

“Ya, pertama tentu bangga. Kita sebagai warga Provinsi Bengkulu punya hasanah budaya baru, ikek atau kbek palak. Ini kita gagas agar punya ciri khas dan budaya sendiri. Kita memang punya detar, tapi detar terkadang dikegiatan santai kurang pas digunakan, maka itu kita ada kbek palak,” tuturnya.

Hadirnya kbek palak bukan hanya mengangkat nilai budaya, melainkan juga membantu para pelaku UMKM, terkhusus pengrajin kbek palak.

“Bukan hanya mengangkat budaya, kita juga membantu UMKM,” tutupnya. (Rls)