Basarnas Evakuasi Dua Nelayan Asing Di Tengah Laut

More articles

Medan Belawan, investigasi.news – Melalui kapal RB 203 Basarnas evakuasi dua orang nelayan asing. Satu diantaranya terluka di bagian jari tangan akibat kecelakaan kerja saat menangkap ikan di tengah laut (Jari putus-red). Kedua nelayan asing itu dibawa ke Pelabuhan Belawan dan untuk mendapatkan perawatan medis. Kamis (18/7/2024) malam.

Dua orang nelayan asing itu masing-masing M.mhanogs dan Madushanka warga negara Srilangka, langsung dievakuasi petugas gabungan Sar Medan denganย  mengandeng HNSI Sumut, Dit Polairud Polda Sumut, TNI AL dan Imigrasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Klas A Medan, Mustari, mengatakan, dari dua orang warga negara asing asal Srilangka satu diantaranya terluka, akibat mengalami kecelakaan kerja di atas kapal saat mencari ikan, langsung dievakuasi ke Pelabuhan Belawan, untuk diberikan pertolongan, sekaligus untuk menjaga hubungan baik antar negara di tengah laut.

Baca Juga :  HNSI Medan Bersama Relawan Wak Young Bantu Dana Pembangunan Mesjid Al Ikhlas

” Kini ke dua orang nelayan asing tersebut telah dibawa ke Rumah Sakit dan petugas Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Belawan akan berkordinasi dengan Duta Besar Srilangka, untuk pemulangan ke negara asal.” ucap Mustari.

Dikatakan Mustari, dari dua orang nelayan asing, satu diantaranya mengalami luka serius dibagian jari tangan sebelah kananย  putus, akibat kecelakaan kerja saat menangkap ikan di laut jauh dari negaranya.

Melihat kondisi nelayan yg sangat memprihatikan dan banyak mengeluarkan darah, korban meminta bantuan kepada kapal kargo dari Perancis tujuan Singapore yang melintasi perairan Selat Malaka dan menghubungi petugas yang terdekat.

Sementara itu Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian, SE di dampingi Ketua DPC HNSI Medan Abdulrahman mengucapkan terima kasih kepada pihak Basarnas Medan yang telah proaktif dalam memberikan pertolongan terhadap nelayan. Baik nelayan Indonesia maupun nelayan asing. (Man).

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest