Bupati dan Wakil Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban

More articles

spot_img

ASAHAN, Investigasi.News

Momentum Hari Raya Idul Adha atau sering disebut juga dengan Hari Raya Kurban sebagai salah satu Hari Besar bagi Ummat Islam se-dunia, menjadi wadah bagi Ummat Islam untuk saling berbagi kepada sesama. Khusunya bagi Ummat Islam yang memiliki kemampuan untuk menyembelih hewan qurban yang biasanya dilakukan pasca mengikuti Sholat Idul Adha.

Namun 2 tahun ini (1441 H/2020 M dan 1442 H/2021 M) perayaan Hari Raya Idul Adha berbeda dari tahun sebelumnya. Indonesia termasuk dalam salah satu Negara yang terkena dampak dari pandemi covid-19.

Karenanya, berbagai pelaksanaan kegiatan baik pemerintahan, keagamaan maupun kemasyarakatan, seperti halnya pelaksanaan Sholat Ied Adha dan penyembelihan Hewan Qurban harus dilaksanakan dengan mematuhi Prokes Covid-19.

Hal ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan, dengan menerapkan Prokes Covid-19 dalam pelaksanaan Sholat Ied Adha 1442 H/2021 M dan Penyembelihan Hewan Qurban.

Bukan itu saja Pemerintah Kabupaten Asahan juga mempedomani SE Menteri Agama RI No. 15 dan 16 Perihal Protokol Kesehatan dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M. Dimana pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H dapat dilaksanakan di Masjid/Musholla dan lapangan terbuka dengan mematuhi Protokol Kesehatan, jama’ah Sholat Idul Adha diharapkan dalam keadaan sehat dan BKM terus melaksanakan pemantauan jama’ah yang datang dari luar guna menghindari penyebaran covid-19, jika ada jama’ah yang terganggu kesehatannya BKM segera menghubungi Satgas Covid 19 Kecamatan/Desa/Kelurahan setempat, penyembelihan Hewan Ourban agar tidak menimbulkan kerumunan dan panitia qurban agar menyalurkan daging hewan qurban kepada yang menerimanya dan membatasi/mengurangi mobilitas (tidak mudik, tidak berpergian ketempat keramaian).

Pasca laksanakan Shalat Idul Adha, Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama beberapa OPD melakukan peninjauan ke beberapa Dinas yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, BKD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PU dan PR, Badan Kesbangpol, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PMD, Badan Pengelola Pendapatan Daerah, Dinas P2KBP3A, Dinas Kominfo, BPKAD, Disnaker, Dinas Perkim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Sementara di hari yang sama Wakil Bupati Asahan bersama beberapa OPD juga mengunjungi Dinas Perhubungan, Kantor Camat Kota Kisaran Barat, Inspektorat, Dinas Capil, Satpol PP, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, BPBD, PDAM, Sekretariat DPRD, dan Dinas Pendidikan. Hal tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, apakah sudah sesuai dengan himbauan dan intruksi dari Bupati Asahan, dimana intruksi tersebut mengatakan penyembelihan hewan qurban seyogyanya dilakukan di Dinas masing-masing, setelah itu menyerahkan daging qurban ketempat yang telah ditentukan untuk dibagikan kepada masyarakat yang menerima, sehingga tidak menimbulkan keramaian yang dapat memicu penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Asahan, Selasa (20/07/2021)

Bupati Asahan H. Surya, BSc disela-sela peninjauannya juga mengatakan, sebagai Ummat Islam kita harus menauladani sifat Nabi Ibrahim as yang memiliki ketaqwaan kepada Allah SWT yang luar biasa dengan rela menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail as atas perintah Allah SWT, yang kemudian dengan izin Allah SWT berubah menjadi seekor hewan sembelihan yang besar.

Maka dari itu sebagai masyarakat kita harus meniru sifat tauladan tersebut yaitu dengan mematuhi anjuran dan himbauan Pemerintah tentang Prokes Covid-19.

Senada dengan Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan juga berpesan agar masyarakat dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah qurban. “Saya berharap kita dapat mengambil hikmah terbesar dari pelaksanaan ibadah Qurban sebagai bentuk keikhlasan kita untuk berbagi kepada sesama”, ujar Wabup.

Mengakhiri pembicaraannya beliau mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, kepada Ummat Islam di Kabupaten Asahan.

Pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M Bupati Asahan bersama dengan keluarga melaksanakan Sholat Ied Adha di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran.

(Adi)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img