Tim Penilai Peduli Wisata Awards Sumbar Visitasi Dan Verifikasi ke Kota Sawahlunto

Sawahlunto, Investigasi.news – Tim penilai Peduli Wisata Awards Sumatera Barat gelar visitasi dan verifikasi ke Kota Sawahlunto. Kegiatan tim penilaian Peduli Wisata Awards 2022 yang dipimpin Prof.Dr. Ansofino itu digelar di KHAS Ombilin Heritage Sawahlunto, Jumat (12/8/2022)

Pada PWA Sumbar 2022 ini kota Sawahlunto telah masuk kategori best peforment bersama Kota Solok dan Kabupaten Padang Pariaman, tim yang terdiri dari Dr Indang Dewata (UNP), Ernawati, PhD (Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP), Zuhrizul (Ketua DPW IATTA Sumbar), Ian Hanfiah (Pemerhati Pariwisata Sumbar), Anggri Yulio (Universitas PGRI Sumbar) itu disambut Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu, Setdako Ambun Kadri, Kadis Parpora Nova Erizon dan kepala OPD kota ini.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata (Dinpar) Sumbar Doni Hendra menyatakan kegiatan PWA 2022 dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki komitmen yang tinggi dan upaya yang sungguh-sungguh untuk pengembangan kepariwisataan daerahnya.

Kegiatan ini ditujukan untuk mengetahui tingkat perkembangan dan pertumbuhan pembangunan kepariwisataan di kabupaten/kota, mendorong pembangunan kepariwisataan kabupaten/kota secara lebih terpadu, terarah dan berkelanjutan.

Kemudian, memberikan apresiasi bagi kabupaten/kota yang telah melaksanakan pembangunan kepariwisataan dengan hasil yang cukup signifikan, dan hasil penilaian PWA 2022 dapat dijadikan sebagai pertimbangan/masukan dalam menyusun kebijakan kepariwisataan di kabupaten/kota.

Dikesempatan itu, Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu menyatakan secara kelembagaan pengembangan pariwisata dikota ini sangat menjadi perhatian karena sesuai dengan visi misi kota yang harus didorong guna kesejahteraan masyarakat

“ tak hanya mendukung dalam program pengembangan namun untuk memberikan masukan serta kritikan agar kepawisataan dikota ini lebih baik kerap dilakukan agar tercapai tujuan pembangunan” kata Eka .

Setdako Sawahlunto Ambun Kadri menambahkan upaya pengembangan pariwisata terus dilakukan baik yang dilakukan baik oleh pemerintah dan pihak swasta dalam pengembangan destinasi

Kadis Parpora Sawahlunto Nova Erizon menjelaskan pengembangan kepariwisataan menjadi salah satu prioritas yang juga dibuktikan dengan kehadiran seluruh ketua OPD dikota ini yang selalu berkoordinasi dan bekerjasama lintas sektoral

Sebelum melakukan verivikasi, Ketua Tim Penilai PWA Prof.Dr. Ansofino yang juga Rektor Universitas PGRI Sumbar itu menjelaskan lingkup kegiatan PWA meliputi tujuh aspek penilaian meliputi: aspek tata pamong, lingkungan pariwisata, ekonomi pariwisata, ekonomi kreatif.

Dan kaitannya dengan kepariwisataan, pemasaran pariwisata, pemberdayaan masyarakat di bidang kepariwisataan, destinasi halal, CHSE, desa wisata, serta aspek CEO commitment, sebutnya. (T.Ab)