Tekan Frambusia Taliabu Dapat Penghargaan, Aliong Mus Ucap Terima Kasih Ke Menkes RI

More articles

spot_img

Taliabu, Investigasi.news Kabupaten Pulau Taliabu, Propinsi Maluku Utara menjadi salah satu dari 99 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan bebas Frambusia. Hal ini ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Rabu, 6 Maret 2024 dalam acara Hari NTD (Neglected Tropical Diseases) se-Dunia, yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Bupati H.Aliong Mus hadir bersama sejumlah Kepala Daerah lainnya di Indonesia yang juga menerima penghargaan dalam acara tersebut.

Sertifikat diterima oleh Bupati Pulau Taliabu H.Aliong Mus dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin. Demikian yang disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Pulau Taliabu Basiludin la besi melalui rilisnya.

Sementara itu, diinformasikan bahwa Frambusia adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang, dan sendi.

Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus, Saat Menerima Penghargaan Dari Kemenkes RI. ( Photo : Diskominfo )

Sedangkan penyerahan sertifikat ini, diberikan karena Kabupaten Pulau Taliabu dinilai sebagai salah satu Kabupaten yang berhasil menekan jumlah penyakit Frambusia secara permanen sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat.

Pada kesempatan itu, 99 Bupati/Walikota penerima sertifikat turut melakukan komitmen pembebasan dan mempertahankan status bebas Frambusia.

Pada sambutannya Menteri Kesehatan RI menargetkan pada tahun 2027 negara Indonesia harus menjadi negara di regional Asia Tenggara yang bebas penyakit frambusia.

“Untuk itu tentunya harus ada kolaborasi dan sinergitas dari seluruh pihak baik dari Pemerintah Daerah, TNI/Polri, serta masyarakat yang harus berperan aktif dalam mensosialisasikan dan melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit ini”, sambung Menkes Budi.

“Kami memberikan sertifikat ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada daerah-daerah yang telah bebas Frambusia agar Kabupaten/Kota lain tentunya bisa termotivasi dalam upaya pencegahan Penyakit Frambusia ini,” tutup Menteri Budi Gunadi Sadikin.

Bupati Pulau Taliabu H.Aliong Mus, usai menghadiri kegiatan tersebut ia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih dari seluruh pihak Perangkat Daerah yang telah mendukung Pemerintah dalam upaya mengatasi penyakit Frambusia di Kabupaten Pulau Taliabu.

“Penyakit menular ini, berkaitan dengan kesehatan masyarakat serta pola hidup di lingkungan masing-masing, maka dari itu kita semua harus tetap menjaga kebersihan lingkungan serta menerapkan perilaku hidup bersih,” ucap Bupati Taliabu dua periode ini.

Aliong juga menyampaikan terima kasih kepada pihak kementrian kesehatan dan tentunya menteri Budi Gunadi Sadikin atas penghargaan yang diberikan.

Turut mendampingi Bupati Aliong Mus, Ketua TP PKK Pulau Taliabu Zahra Yolanda Aliong Mus, Kepala Dinas Kesehatan Kab Pulau Taliabu Kuraisya Marsaoli.

( Redaksi )

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img