Pemko Pariaman Pastikan 800 Hewan Kurban Layak Sembelih

More articles

spot_img

Pariaman, Investigasi.news – 15 Juni 2024 – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, telah menyelesaikan pemeriksaan menyeluruh terhadap 800 ekor sapi jantan yang akan dijadikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan mulai dari 27 Mei hingga 7 Juni 2024, semua hewan tersebut dinyatakan sehat dan layak untuk disembelih.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Marini Jamal, menegaskan bahwa setiap sapi yang telah diperiksa telah diberi label khusus di telinganya.

Hal ini bertujuan agar panitia penyembelihan dan masyarakat dapat dengan mudah mengidentifikasi hewan yang memenuhi syarat syari’at untuk dijadikan kurban.

Baca Juga :  Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM, Hadiri HUT Korem 032 Wirabraja Sumatera Barat ke-37

“Pemeriksaan meliputi kesehatan fisik dan umur sapi, serta pemberian vitamin untuk menjaga kesehatannya. Kami juga telah memberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan untuk memastikan bahwa setiap hewan kurban telah memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan,” ujar Marini Jamal.

Menyusul keberhasilan tahun ini, Pemkot Pariaman juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan berkualitas tinggi kepada ternak. Langkah ini diharapkan dapat mempertahankan kondisi sehat hewan ternak di masa mendatang.

Dengan demikian, masyarakat Pariaman dapat menjalankan ibadah kurban dengan aman dan tenang, mengetahui bahwa hewan kurban yang mereka dapatkan telah melalui proses pemeriksaan yang ketat untuk memastikan kualitas dan kepatuhan terhadap syari’at Islam.

Baca Juga :  Raih Prestasi Internasional, GIS Pariaman Hadir di Stadion Malaka

Afri

spot_img
spot_img

Latest

spot_img