Pesantren Ramadhan Tingkat SD dan SMP Berlangsung di Kota Pariaman: Pembentukan Karakter Lewat Pendidikan Agama

More articles

spot_img

Pariaman, investigasi.news – Kota Pariaman menyaksikan pembukaan Pesantren Ramadan 1445 H/2024 M yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Yota Balad. Program ini dirancang untuk siswa SD dan SMP se-Kota Pariaman, dengan upacara pembukaan berlangsung di Masjid Raya Simpang, Desa Simpang, Kecamatan Pariaman Selatan pada 18 Maret 2024.

Yota Balad, dalam sambutannya, menegaskan bahwa Pesantren Ramadan ini bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak melalui pendidikan agama yang mendalam. “Pendidikan agama yang hanya diperoleh dari sekolah reguler belum cukup. Pesantren Ramadan ini memberikan kesempatan kepada anak-anak kita untuk lebih mendalami nilai-nilai agama Islam, yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Yota Balad.

Dia juga menambahkan bahwa program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan agama tetapi juga untuk meningkatkan akhlak peserta. “Ilmu tanpa akhlak dianggap tidak berguna. Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai yang dipelajari selama pesantren ini,” ujarnya.

Program Pesantren Ramadan akan berlangsung hingga 3 April 2024, dengan melibatkan siswa SMP dan siswa kelas 4-6 SD di seluruh Kota Pariaman. Kegiatan ini tidak hanya terbatas pada satu lokasi tetapi juga dilaksanakan secara serentak di empat kecamatan, dengan pembukaan di Kecamatan Pariaman Tengah oleh Sekdis Dikpora, Kecamatan Pariaman Timur oleh Asisten II Elfis Candra, dan Kecamatan Pariaman Utara oleh Kepala Dinas Dikpora, Kanderi.

Pesantren Ramadan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman agama yang baik, sejalan dengan visi Pemerintah Kota Pariaman dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di kalangan pelajar.

**Afri

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img