Wawako Buka Musrenbang RPJPD Kota Solok tahun 2025-2045

More articles

spot_img

Kota Solok, investigasi.news- Wakil Walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra Secara Resmi Membuka Musrenbang RPJPD tahun 2025 – 2045 bertempat di gedung Kubuang Tigobaleh.Selasa (05/03/2024) Mengawali sambutannya, Wawako mengatakan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah atau RPJPD adalah dokumen perencanaan daerah yang memuat visi misi,arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah untuk periode 20 tahun ke depan.

“Penyusunan RPJPD merupakan momentum untuk menentukan arah dan tujuan pembangunan Kota Solok yang kita cintai ini, agar anak cucu kita kelak dapat menikmati kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Masa depan sebuah kota, harus didesain dengan benar”.sebut wawako “Karena apa yang kita nikmati sekarang adalah karya dari para pendahulu kita,dan apa yang kita lakukan hari ini,nantinya akan menjadi pedoman bagi generasi yang akan datang”.lanjutnya.

Telah banyak capaian yang kita raih dalam dua dekade, pelaksanaan RPJPD Kota Solok Tahun 2005-2025 yang berujung kepada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Dalam konteks capaian pembangunan makro di Kota Solok semua indikator telah menunjukan capaian yang baik,antara lain:
1.Perekonomian Kota Solok terus bergerak maju dan relatif stabil.Meskipun pernah berkontraksi negatif, mencapai minus 1,42 % akibat hantaman covid-19 Tahun 2020-2021, namun kembali membaik dan tumbuh mencapai 4,6% pada Tahun 2022 dan merupakan nomor
dua tertinggi diantara kota-kota lain di Provinsi Sumatera Barat pada tahun yang sama. Hal ini menunjukkan dayatahan ekonomi Kota Solok cukup baik.
2.Untuk kondisi kemiskinan, pada Tahun 2023 Kota Solok berada di peringkat dua kota dengan tingkat kemiskinan terendah di Sumatera Barat, dan peringkat ke tujuh kota dengan tingkat kemiskinan terendah di Indonesia.
3. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Solok terus menurun setelah pandemi Covid-19. Pada Tahun 2022,TPT tercatat 3,90% dan Tahun 2023 turun menjadi 3,72% dimana TPT Kota Solok adalah nomor 3 terendah di Sumatera Barat.
4. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus mengalamipeningkatan dengan rata-rata pertumbuhan ± 0,45%.Pada Tahun 2023 nilai IPM Kota Solok naik dari 79,23 menjadi 79,58 dan sudah termasuk dalam klasifikasi IPM
yang tinggi. Pencapaian IPM Kota Solok ini berada di atas rata-rata nasional dan peringkat ke empat di Sumatera Barat.

Untuk membangun kehidupan masyarakat Kota Solok yang maju, sejahtera, unggul dan berdaya saing, selama periode 2005 sampai Tahun 2023, telah dibangun berbagai infrastruktur dasar. Peningkatan kualitas rumah ibadah,sarana pendidikan,kesehatan,
infrastruktur ekonomi seperti pasar,irigasi,jalan dan jembatan serta berbagai fasilitas lainnya.
Untuk kemajuan Kota juga terus dilakukan berbagai upaya penyediaan infrastruktur dan fasilitas publik seperti Stadion Olahraga,Ruang Terbuka Hijau, Rumah Sakit Umum Daerah, Fasilitas Pengolahan Air Bersih, Normalisasi Batang Lembang, Pengembangan Objek Wisata, dan fasilitas pendukung lainnya dengan pembiayaan pembangunan diperoleh dari APBN, APBD Provinsi dan sumber pembiayaan lainnya.
Penyusunan RPJPD Kota Solok Tahun 2025-2045 harus mengacu dan selaras dengan visi “Indonesia Emas 2045”.
Visi Indonesia Emas tersebut telah tercantum dalam Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang lNasional (RPJPN) Tahun 2025-2045 yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan, dengan 5 sasaran pokok:
1.Pendapatan perkapita setara negara maju
2.Kemiskinan menuju nol % dan ketimpangan berkurang
3.Meningkatnya pengaruh kepemimpinan di duniainternasional
4.Daya saing SDM semakin tinggi, dan
5.Menuju nett zero emission dengan intensitas pengurangan gas rumah kaca.
Dari proses panjang yang telah dilalui, dan evaluasi terhadap perjalanan pembangunan daerah Kota Solok selama hampir 20 tahun berjalan, dan merujuk kepada penjabaran
Visi Indonesia Emas 2045 serta arah pembangunan nasional Tahun 2025-2045, maka ada delapan fokus pembangunan yang perlu jadi pertimbangan kita bersama untuk
mewujudkan cita-cita Kota Solok Tahun 2045.
1.Membangun SDM penduduk Kota Solok yang sehat,cerdas,kreatif,sejahtera,unggul dan berdaya saing.Taat menjalankan perintah agama, berakhlak baik dan berperadaban tinggi.
2.Bagaimana mewujudkan ekonomi kota yang tangguh dengan membangun ekonomi kerakyatan yang maju,tangguh,berdaya saing dan berkelanjutan.Menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Inovatif serta mampu beradaptasi dengan kemajuan dan perkembangan zaman namun tetap berpegang teguh pada nilai-nilai luhur bangsa ini.
3.Di sektor pemerintahan, tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan adaptif; maju dan modern harus menjadi perhatian.
4.Memantapkan ketahanan sosial budaya sesuai dengan nilai-nilai “adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah” harus terus dilakukan dan menjadi prioritas.
5. Pengelolaan sumber daya ekologi atau lingkungan yang berkelanjutan juga sangat penting dan harus dilakukan dengan komitmen yang tinggi.
6. Pemerintah bersama masyarakat berkewajiban menyediakan dan memelihara infrastruktur kota yang berkeadilan, berkesinambungan dan ramah lingkungan,
ramah anak, ramah terhadap lansia, dan ramah terhadap disabilitas.

7. Bagaimana mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum sehingga tercipta situasi yang kondusif dan berkelanjutan,aman,berkeadilan dan tentram.Situasi yang demikian adalah prasyarat untuk semua aktifitas kehidupan dan pembangunan yang baik.
8. Kesinambungan pembangunan untuk mencapai Solok Madani harus tetap terjaga. Hal ini memerlukan komitmen semua pihak.

“Berbagai prioritas di atas adalah mimpi dan cita-cita yang tidak akan terwujud tanpa adanya kerjasama dan dukungan penuh dari masyarakat Kota Solok. Dukungan dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan karena hal ini akan menentukan posisi Kota Solok Tahun 2045”.tutup wawako.

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Solok,Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Solok,
Sekretaris Daerah,Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Solok,Ketua KAN, LKAAM, Bundo Kanduang,Ketua Organisasi Profesi,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kota Solokserta seluruh Para tamu undangan peserta Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045. (Wahyu)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img