Meriahkan Milad ke-19, PAUD Al Amin Tanjung Haro Gelar Lomba Memasak Makanan Berbahan Ikan

Limapuluh Kota, investigasi.news – Bupati Kabupaten Limapuluh Kota diwakili Kepala Dinas Kominfo Desri S.Pd, MM mengapresiasi kegiatan lomba memasak berbahan ikan yang digelar PAUD Al Amin Tanjung Haro, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang (Sitapa), Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota yang digelar, Kamis (14/12/2023).

Lomba masakan berbahan ikan yang digagas pengurus dan guru PAUD Al Amin Tanjung Haro dalam rangka Milad ke 19 itu, selain bertujuan untuk mendukung program Pemda Kabupaten Limapuluh Kota dan TP-PKK Kabupaten Limapuluh Kota untuk sosialisasi Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan (Gemarikan), sekaligus kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menekan angka stunting di nagari setempat.

“Melalui gemar makan ikan ini kita mengedukasi masyarakat, utamanya para orang tua wali murid bahwa ikan memiliki protein yang dapat mencegah stunting,” ujar Kepala PAUD Al Amin, Reflita Idrus, S.Pd.I dalam sambutannya pada peringatan Milad ke-19 PAUD Al Amin Tanjung Haro itu.

Sementara Bupati Limapuluh Kota diwakili Kadis Kominfo Desri S.Pd, MM dalam sambutannya menyatakan bangga dan memberikan apresiasi dengan pengurus dan para guru PAUD Al Amin yang telah berhasil menggelar acara Milad yang ke-19 tahun ini

“ Mengelola lembaga pendidikan PAUD yang sudah menginjak umur 19 tahun, tentunya tidak mudah. Harapan pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota teruslah berbuat untuk kemajuan pendidikan bagi anak-anak paling dasar ini,” ungkap mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Pada kesempatan tersebut Desri menghimbau para orang tua yang memiliki anak usia dini untuk menyerahkan pendidikan anak-anak mereka ke lembaga pendidik PAUD.

“ Menyerahkan anak-anak berusia dini pada lembaga pendidikan PAUD, tujuanya adalah untuk mendidik karakter anak. Usia 0-5 tahun bagi anak adalah masa emas atau golden age. Golden age merupakan periode penting dalam masa perkembangan anak. Masa golden age adalah masa emas pada anak-anak di awal kehidupannya yaitu pada usia 0-5 tahun,” ungkap Desri

Ditekankan Desri, fase ini penting untuk diperhatikan oleh orang tua karena pada fase ini pertumbuhan anak berkembang begitu pesat.

Pada kesempatan tersebut Desri menyampaikan kekhawatirannya karena dewasa ini anak-anak kita banyak diasuh oleh handpone.

“ Saat ini para orang tua cendrung memberikan HP kepada anak untuk membujuk sang anak. Penting kita ketahui bahwa, bila anak terlalu lama bermain HP akan berpengarauh terhadap kondisi anak termasuk pada pemikirannya. Anak yang kecanduan bermain HP cendrung menjadi pemalas. Untuk itu kita himbau para orang tua jangan membiasakan anak diasuh oleh HP, karena jika membiarkan anak-anak kecanduan bermain HP berarti para orang tua telah membiarkan anak-anak mereka pada ancaman perkembangan kecerdasannya.” pesan Desri.

Usai memberikan sambutan dan melakukan pemotongan kue milad, Kadis Kominfo Desri didampingi Ny. Verawati mewakili Bunda PAUD, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota diwakili Kasi PAUD, Dedi Hendri, Camat Luhak diwakili staf, Walinagari diwakili Ketua Bamus Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Eka Ridhaldi Alka, Pengawas PAUD, Ramadani, S.Pd, AUD, MM didaulat menjadi dewan juri untuk memilih makanan berbahan ikan terlezat yang dilombakan.

Keluar sebagai pemenang makanan berbahan ikan terenak yang diolah orang tua walimurid PAUD Al Amin tersebut adalah Cece merebut Juara I, Kaira Juara II dan Rezki Cahaya Juara III. (*)

Masing-masing orang tua wali murid PAUD yang berhasil merebut juara dalam lomba memasak makanan berbahan ikan tersebut berhak membawa pulang Tropi dan Sertifikat Penghargaan dari Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Bunda PAUD Ny. Nevi Safaruddin serta dana pembinaan dari tokoh masyarakat Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Padang Ridwan Dt. Rajo Sinaro yang diserahkan oleh Kepada Kominfo Desri. (Amr)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles