Ketua LKAAM Sumbar Yakin Hendri Septa Mampu Menegakkan Adat dan Budaya Minangkabau

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news – Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Fauzi Bahar Dt. Nan Sati percaya bahwa setelah dilewakan sebagai Datuak Alam Batuah, Wali Kota Padang Hendri Septa akan mampu menegakkan Adat dan Budaya Minangkabau.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan malewakan gala Hendri Septa Dt. Alam Batuah dari Suku Caniago Sumagek di Jalan KIS Mangunsarkoro, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Sabtu (4/5/2024).

Menurut dia, selama memimpin Kota Padang, Hendri Septa Dt. Alam Batuah telah menunjukkan komitmen yang tinggi untuk menegakkan adat dan budaya Minangkabau. Hal itu dibuktikannya dengan penerapan program kegiatan Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota yang dipimpinnya tersebut.

“Hari ini Pak Wali (Hendri Septa Dt. Alam Batuah) menjadi datuk sekaligus untuk menegakkan adat dan budaya Minangkabau. Beliau sudah memulainya dengan membuat kurikulum Keminangkabauan, ini bukti bahwa Beliau konsekuen untuk menegakkan adat kembali,” katanya.

Diakui Fauzi Bahar Dt. Nan Sati bahwa dia cukup cemas dengan pergaulan anak-anak muda saat ini yang cukup rawan terpapar berbagai penyakit masyarakat, seperti lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LBGT) dan narkoba.

“Kalau adat kita tegakkan, Insya Allah anak kemenakan kita bisa diselamatkan. Karena anak kemenakan kita adalah harta kita termahal, jadi kekayakan kita itu adalah anak kemenakan. Jadi dengan Beliau (Hendri Septa Dt. Alam Batuah) jadi datuk hari ini beliau akan menegakkan adat dan kebudayaan kita,” pungkasnya.

Wali Kota Padang Hendri Septa Dt. Alam Batuah mengatakan bahwa dia akan berupaya menjalankan amanah yang diberikan kaumnya itu sebaik mungkin.

“Ini adalah amanah dari kaum saya Suku Caniago Sumagek. Saya mohon doa restu dari keluarga besar serta masyarakat Kota Padang. Ini adalah komitmen yang harus saya jalankan dengan baik,” kata Hendri Septa Dt. Alam Batuah.

Rangkaian proses malewakan gala Hendri Septa Dt. Alam Batuah sendiri diselenggarakan dalam kegiatan Alek Nagari XX Lubuak Begalung Batagak Penghulu Kaum Caniago Sumagek.

Pada Jumat (3/5) sudah dilakukan pemasangan Saluak Penghulu oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan 20 Lubuk Begalung, H Admiral Dt. Rajo Sampono. Prosesi pemasangan Saluak Penghulu itu berlangsung di Rumah Gadang Suku Chaniago di Jalan Raya Lubeg,

Sebelum prosesi pemasangan, Saluak Penghulu terlebih dahulu diserahkan dari Mamak Kapolo Warih Suku Chaniago Sumagek Delfian Sari Marajo kepada Ketua KAN Nan 20 Lubuk Begalung, H Admiral Dt. Rajo Sampono untuk kemudian dipasangkan ke Hendri Septa Dt. Alam Batuah. (Taufik/Ivan/Charlie)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img