Lahirkan Berbagai Inovasi, Ny. Genny Hendri Septa Optimis Dasawisma Kartika Raih Juara

More articles

spot_img

Padang, investigasi.news – Terpilihnya Dasawisma Kartika mewakili Kota Padang di tingkat provinsi tentu mempunyai alasan. Sebab Dasawisma Kartika mempunyai berbagai inovasi dan gebrakan yang inovatif.

Hal ini disampaikan Ketua TP-PKK Ny. Genny Hendri Septa dihadapan Tim Penilai Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Barat, Kamis (29/2/2024).

Kelompok Dasawisma Kartika memanfaatkan perkarangan dengan bercocok tanam, mempunyai kegiatan peningkatan ekonomi keluarga dengan menghasilkan produk makanan dari bayam brazil, kemudian diolah menjadi makanan dan aneka kue, selain itu aksesoris dan produk makanan kotak.

“Inovasi lainnya bidang sekretariat dengan E-dasawismanya. Pokja I pembinaan anak remaja, seperti Remaja dengan kegiatan positif (Regentatif), Mari Belajar Tahsin (Mabetah), Keluarga Bina Iman dan Taqwa (Kebintaq), Memberi Makan Garin Masjid (Magajid),” ujar Ny. Genny Hendri Septa.

Sementara Pokja II meliputi pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) seperti pojok membaca, kemudahan mengurus izin usaha (Urzinuha) dan UP2K berupa usaha rias pengantin, pembuatan tumpeng, aksesoris dari batu alam dan bedcover.

“Kemudian, inovasi Pokja III yaitu dengan memanfaatkan taman dasawisma dan kolam ikan yang dimanfaatkan dalam sehari-hari. Selain itu, pengelolaan sampah yang bekerja sama dengan bank sampah RA-OK keren, adanya taman edukasi dan kebun hidroponik menjadikan sarana untuk belajar,” jelasnya.

Kemudin Pokja IV penerapan PHBS dan pendataan posyandu dengan menerapkan aplikasi google formulir.

“Setiap rumah punya alat tanggap bencana (altaben) seperti kotak P3K dan alat pemadam kebakaran berupa handuk besar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kelurahan Kampung Lapai Ny. Putri Ardianus mengatakan inovasi dari PKK Kelurahan Kampung Lapai untuk mendukung pendataan dapat diakses melalui aplikasi E-dasawisma atau link https://dasawisma.padang.go.id

“Tahun 2023 Kelurahan Lapai mempunyai 96 dasawisma dengan klasifikasi 9 maju, 31 berkembang dan tumbuh 56. Di tahun ini Kelurahan Kampung Lapai juga mewakili Kota Padang pada lomba kampung KB Mantap di tingkat provinsi,” ujarnya. (MA/Charlie)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img