207 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota

More articles

spot_img

Padang Panjang, investigasi.news — Sebanyak 207 siswa-siswi tingkat SLTA se-Kota Padang Panjang ikuti Seleksi Calon Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota, di Halaman Secata B Rindam I/BB, Rabu (17/4).

Seleksi Calon Paskibraka diawali dengan upacara pembukaan yang langsung dipimpin Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si diikuti Forkopimda serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol, I Putu Venda, SSTP, M.Si selaku penanggung jawab seleksi dan OPD terkait lainnya.

Siswa yang mengikuti seleksi ini terdiri dari 98 laki-laki dan 109 perempuan yang mendaftar secara online melalui aplikasi yang sudah disediakan. Tiga tahapan dilalui secara online, yaitu seleksi administrasi, Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Intelegensi Umum.

Secara offline, para calon Paskibraka mengikuti tes kesehatan, parade, Samapta, PBB dan diakhiri dengan tes kepribadian pada 17-25 April untuk mendapatkan 65 Paskibraka terpilih untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Dalam amanatnya, Pj Wako Sonny menyampaikan, hari ini bukan hanya untuk memilih siapa yang akan mewakili kebanggaan dan kehormatan Kota Padang Panjang dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI nanti, tetapi juga untuk merayakan semangat persatuan, kebanggaan, dan kesetiaan kepada bangsa dan negara. Paskibraka adalah simbol dari semangat patriotisme, kesetiaan kepada Pancasila, dan cinta tanah air.

“Kalian anak-anak kami adalah pemuda-pemudi, siswa-siswi terbaik dari Kota Padang Panjang. Kalian adalah yang akan dipilih untuk mengemban tugas besar sebagai Paskibraka 2024 Tingkat Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Ditambahkannya, calon Paskibraka harus memiliki sikap mental dan kepribadian yang baik. “Saudara harus lebih maju dari generasi sebelumnya. Dengan demikian, kami yakin, siapapun yang terpilih nantinya sebagai Paskibraka akan mampu mengemban setiap tugas yang dipercayakan,” sebut Sonny.

Selain 207 siswa-siswi ini, ada empat siswa/siswi juga akan mengikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan. Yang juga memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Nasional yang akan dikirimkan sebanyak enam orang dari Sumbar, tiga orang laki-laki dan tiga orang perempuan.

“Marilah kita tunjukkan potensi terbaik kita, dan jadilah yang terpilih untuk mewakili kebanggaan kota di tingkat yang lebih luas. Saya berharap, dimasa depan, akan selalu ada putra-putri terbaik dari Padang Panjang yang akan terpilih menjadi anggota Paskibraka Provinsi dan Paskibraka Nasional. Mengibarkan nama baik kota kita di kancah yang lebih luas lagi,” tuturnya lagi.

Pada seleksi yang bersifat transparan ini ikut terlibat tim seleksi di antaranya TNI, Polres, Brimob, Tim Kesehatan, Satpol PP, BPBD Kespangpol dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata serta lainnya. (shintia)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img